Monday, February 9, 2015

Review: Maybelline Clear Smooth BB Silk Poreless White Cake Powder (01Light & 03 Natural)

 
 
Kan ceritanya saya udah mau beli bedak ini dari lama, tapi harganya bikin males. Mahal banget cuma buat bedak doang. Apalagi kalo nggak salah bedak ini gak ada refill-nya. Iya gak sih? Tapi kebetulawaktu itu lagi ada diskon buy 1 get 1 di Guardian, dan pas saya cek tanggal kadaluarsanya masih lama banget, ya udah deh kebetulan. Beli aja.
 
Dibanding bedak Maybelline yang seri Clear Smooth all in one, bedak ini tongkrongannya lumayan keren. Warnanya pink keunguan, agak metalik, mirip bodinya Hotwheels.
 
I bought these when there was a buy-1-get-1 promotion at the nearby Guardian drugstore. That was quite a coincidence because I've wanted to try these out since ages ago, but the regular price is almost unbearable for merely a face powder.
 
 


Klaim dari produk ini, selain meratakan warna kulit, juga dapat mencerahkan wajah. Yang paling penting di sini adalah dia sudah mengandung UV protection.
 
It claimed to be light finish, creates smooth and poreless looking skin. Also enriched with UV Protection (SPF 21 PA++) and oil free.
 
 



 
 
 
Color system from left to right: Light, Natural, Honey, Sand Beige.
 
Itu warnanya saya urutin dari yang paling terang sampe yang tergelap. Shade yang saya punya adalah Light dan Natural. Warnanya tercantum di pojok kanan atas kotak dan di bagian bawah kemasan bedaknya. Kalo beli ini jangan lupa cek juga varian warna di kemasan bedaknya. Yaaa, siapa tau isi kotaknya ketuker.
 
My shades are Natural and Light. The color code is listed on the right corner of the box, as well as on the bottom of the pan. Make sure to check both places.
 
 




Kemasan bedak ini juga standar seperti kemasan two way cake pada umumnya. Dilengkapi dengan cermin dan tempat spon di bagian bawah bedaknya. Di bagian dasar kemasannya juga terdapat lubang-lubang kecil sebagai pori-pori spon-nya. Menandakan kalau produk ini bisa dipake dengan spon kering maupun basah/lembab. Praktis sih, semuanya ada dalam satu kemasan
 
It is equipped with a mirror, a sponge, and a pored sponged case.
 
 
 
Dua warna ini sama-sama masuk untuk kulit yang terang, tapi kalo Natural lebih kuning, sedangkan yang Light lebih nge-pink. 
 
The shade Natural has yellow undertone, while Light is more of a pink one. Both suits fair skintone.
 
 
 
See? Yang warna Natural keliatan lebih masuk di kulitku.
 
 
The shade Natural seems to blend well with my warm undertone. The powder texture felt buttery when you touch it. I prefer applying this using its very own sponge rather thana powder or kabuki brush since it consumed too much product. Its coverage is great, at least without wearing any base makeup underneath, I can still get a flawless result. But I can't tell whether this product has a good oil control or not since my skin is not prone to super oily condition. But judging from the word oil control on its box, I guess this can be an option for those who prone to super oily skin type.
 
Although in my opnion, this is a good product, but comparing this to Maybelline Clear Smooth All in One, then I'd say this might be such a waste of money. I don't have many problems regarding dark spot or acne spot on my face. I use Clear Smooth All in One series for many years and they have exactly the same result with this product, but with much less money spent.
 
Kalo kata BA-nya yang warna Light itu lebih keliatan seger di aku, tapi menurutku itu putih banget! Hahahaha. Oke, mungkin cakep banget kalo dipake buat acara resmi kali ya. Sedangkan yang shade Natural buat makeup sehari-hari aja. Tapi buat cewek atau cowok yang punya kulit rada nge-pink, maka yang Light ini kemungkinan jadinya bagus banget.
 
Meskipun gitu sebetulnya menurutku warna bedak itu gak terlalu ngefek sama hasil akhir makeup. Kalo kebetulan aku pake foundation yang undertone kuning atau abu-abu, tetep aja yang lebih menang justru warna foundation-nya.
 
Yang agak membuatku bingung di sini, bedak ini diklaim mengandung BB Silk Essence. Sebagai orang awam yang nggak ngerti banget soal kosmetik, aku sih mikirnya bedak ini sudah mengandung BB Cream. Entah, pengertian itu bener apa nggak. Tapi yang jelas, coverage bedak ini emang oke banget sih. Tanpa memakai foundie pun, dosa-dosa di wajah gampang banget tertutup. Kalo soal oil control aku gak ngerti banget, karena muka aku kan berminyak tapi gak lebay gitu. Jadi di aku bedak ini juga gak keliatan banget oil controlnya, paling kalo hidung berminyak dikit ya wajar lah. Tapiiii mengingat ada embel-embel OIL FREE di kemasannya, aku rasa sih ini bisa jadi option buat yang mukanya super oily.
 
Untuk mengaplikasikan bedak ini aku sih lebih suka pake spon bawaannya daripada pake kuas bedak. Kalo pake kuas jadi lebih cepet habis, lebih cepet hit pan. Pernah aku iseng pegang-pegang permukaan bedaknya itu, lunak sekali. Hiks...
 
Oke last word nih, will I ever repurchase this again? I don't know yah, soalnya selama ini aku pake bedak Maybelline Clear Smooth All in One, mukaku gak bermasalah sama sekali. Dengan harga yang jauuuh lebih murah (20ribu vs 80ribu rupiah), bedak ini memberikan hasil kurang lebih sama dengan bedak andalanku itu. Dengan catatan, aku nggak punya terlalu banyak masalah dengan noda hitam atau bekas jerawat. Oh ya, yang paling penting, bedak ini juga lebih cepat habis. Mungkin ya, akan aku beli, tapi paling bakalan dipake kalo ada kesempatan resmi aja.
 
Yaudah ah, kepanjangan nih reviewnya. Langsung aja kesimpulan.
 
Verdicts:
  • Natural shade has yellow undertone, while Light has pink undertone
  • Buttery texture
  • Matte finish
  • Great coverage
  • Oil control? I don't know since I don't have problem with extra oily face
  • Claimed to be oil-free
  • Can be used with dry or damped sponge
  • How much: IDR 80K

 
 


No comments:

Post a Comment

Hi! Thanks for reading my blog! Please leave your thought in the comment section. But please do not leave any spam/link as I will not approve it. Thanks and have a nice day!

Latest Post

First Impression: Evershine Moringa Series