Monday, June 16, 2014

Review: La Tulipe Cover Foundation (Natural)

Sebagai seorang yang mengaku meminati dunia kecantikan, harga diriku seringkali tertohok sangat dalam bilamana ada yang bertanya "foundation-nya pake apa?"

Karena aku cuma ada satu: Maybelline Dream Liquid Mousse.

Itu juga minjem punya sodara.

Jadi kesimpulannya, aku seorang beauty blogger yang gak punya foundie. Kasian? Enggak juga sih, lebih kasian lagi aku 6 bulan lalu sebelom punya beauty blog, cuma punya satu base makeup berupa BB Cream Ponds Age Miracle, yang mana saat itu aku nyangka BB Cream sama dengan krim anti aging. Parah.... >___< Mapp curhat dikit.

Maka untuk memperkaya koleksi base makeup-ku yang isinya cuma BB Cream dan CC Cream, aku memutuskan untuk beli foundationnya La Tulipe ini. Kenapa merk lokal? Hello, aku cuma emak-emak biasa, bukan orang kantoran, bukan MUA, jarang jalan keluar. Pake base makeup juga cuma buat latihan lenong, ngapain yang mahal? Baca-baca review b-blogger lokal, foundie ini yang coverage-nya paling bagus dengan harga yang terjangkau. Seperti apa benda ini begitu kupake? Mari kita cek performa-nya sodara-sodara.



Kemasannya, not much to say yah. Buat yang biasa liat brand ini, kotak dan jar plastiknya itu khas La Tulipe banget. Hampir semua produknya dikemas dalam kotak berwarna abu-abu itu. Sekilas mirip kotaknya Kryolan, ya gak sih? Ada beberapa tipe cream foundation yang diproduksi sama La Tulipe. Kalo gak salah soft foundation, cover foundation, dan cover foundation for oily skin. Aku pilih cover foundation. Kenapa ya? Mungkin kalo dilihat dari runutan namanya, foundie ini ada di tengah-tengah. Ngga ngerti? Ya udahlah...



Ada ekstra tutup plastik di dalamnya. Agak males sebenernya dengan tipe kosmetik yang harus colek-colek gini. Gak higienis dan liat deh, baru dicolek sekali aja udah keliatan messy and gross banget. Tapi sepertinya tekstur thick model gini pasti susah kalo mau dikemas dalam botol pump. Ada sedikit bau yang menurutku gak enak, mirip bau foundation jadul berbentuk kerang yang suka dipake nenekku dulu. Apa pula itu merknya... ah lupa.



Dan ini komposisi bahan plus logo Halal dari MUI. Shade yang aku pilih adalah NATURAL. Kalo kata SPG-nya sih yang shade Rachel buat kulit kuning, yang Natural buat yang kulit putih, Suntan dan Beige untuk yang berkulit gelap/sawo matang. Yah, walaupun aku gak ngerasa putih-putih banget sih, aku pilih yang Natural aja. Setidaknya paling mendekati.



Kalo banyak yang bilang ini foundie susah di blend, ternyata emang bener. Tekstur krimnya itu padat sekali. Perlu usaha dan waktu ekstra, juga sering latihan untuk bisa ngeblend ke muka biar keliatan rata. Otherwise, jatohnya bakalan kayak badut banget. Apalagi aku biasa pake BB Cream yang gampang banget di blend, gak sabaran juga sih pas pertama make ini.



Contoh di gambar atas adalah perbedaan wajahku ketika masih bare face, pake foundie, dan pas udah ditimpa bedak padat. Aku cuma ulas sekali dan itupun dikiiiit aja, di blend pake sponge, udah lumayan covered. Mata pandaku yang termasuk kelas berat juga tertutup! Hasilnya juga matte deh, jadi kalo nge blendnya rata, gak usah pake bedak lagi udah oke. 

Ngomongin soal shade-nya, yang NATURAL ini terlalu terang buat kulit wajahku. Kalo aku apply di muka, leher dan kuping jadi keliatan belang banget. Apalagi kalo udah ditimpa bedak, tambah keliatan lenong banget. Untungnya aku pake jilbab, jadi ga terlalu masalah. Tinggal bedakin aja tanganku biar gak kebanting ama muka, beres deh. Tapi aku rasa shade yang setingkat lebih terang gini cocok banget buat acara resmi kali ya.



Sekedar iseng pengen nyoba performance-nya di air. Dan emang bener dia waterproof. Jadi masih bisa lah dipake syuting sinetron yang adegannya hujan-hujanan sambil nangis. Tapi jangan digosok keras-keras. Dijamin hilang. Foto yang di kanan itu setelah kugosok dengan tenaga dan nafsu yang sedikit violent, kelihatan pudar kan walaupun masih sisa dikit.

***

So far I like this product, buat mukaku yg normal-oily, dia lumayan gak minyakan dan makes my face stay matte for a whole day. Disiram air wudhu masih oke lah. Di mukaku juga cocok, ga jerawatan, dan gak oxidize terutama di sekitar hidung.

Untuk mengimbangi shade-nya yang rada keputihan, aku campur dengan BB Cream Sariayu Fair White, sesekali dengan Maybelline Dream Liquid Mousse Foundation. Kenapa? Karena di antara base makeup-ku, dua produk itulah yang memiliki shade tergelap. Lumayan juga kalo dicampur, selain gak keputihan juga jadi lebih gampang di blend. Palng butuh usaha ekstra aja untuk mencampurnya di palet/tangan sebelum ditemplok ke muka. Tapi cara ini so pasti mengurangi tingkat staying power nya. Jangan lupa pake pelembab dan segala skin care routine kamu sebelum menggunakan foundie ini, otherwise bakal kelihatan dempul banget, alias cakey.

Sayangnya aku cuma pernh pake ini ke acara-acara santai, jadi belom pernah tahu hasilnya kalo diulas tebal buat kondangan. Hehehe. Mungkin temen-temen ada yang pernah pakai juga? Please share ^^

So far, here the verdicts:
  • Matte result
  • High Staying power
  • Perfect for oily skin
  • The shade NATURAL is too light for me
  • Hard to blend
  • Thick textured cream
  • Soft disturbing smell
  • Doesn't break out or oxidized, at least on me.
  • How much: IDR 25-30K approximately.



No comments:

Post a Comment

Hi! Thanks for reading my blog! Please leave your thought in the comment section. But please do not leave any spam/link as I will not approve it. Thanks and have a nice day!

Latest Post

First Impression: Evershine Moringa Series