Monday, August 18, 2014

“Everyday with Simply Stay by Mustika Ratu” Blogging Competition

Rasanya udah lama banget aku ga review produk-nya Mustika Ratu nih.

Beberapa waktu lalu aku dikirimkan sample size produk terbaru dari Mustika Ratu bernama Simply Stay. Konsep dari lini ini adalah rangkaian tata rias dasar yang ditujukan bagi kamyu-kamyu para wanita aktif (baca: sibuk), suka dandan simple, dan selalu pengen keliatan cantik. 

Ini dia penampakannya ^^


Kotaknya lumayan lebar loh. Di sampul depannya ada gambar Elvira Devinamira, Putri Indonesia 2014. Ada logo Halal di sudut kanan bawahnya. Keliatan gak? Tapi tanpa logo ini sih, aku udah tau kalo Mustika Ratu adalah kosmetik Halal. ^^



Rangkaian produk Simply Stay ini memiliki tag line Soft, Moist, Long Last. Ada lime jenis produk: Pelembab, Liquid Foundation, Stick Foundation, Loose Powder, dan Two Way Cake.

Simply Stay dari Mustika Ratu ini adalah rangkaian kosmetik dasar yang diklaim memiliki tekstur lembut, dapat melembabkan dan menghaluskan kulit, mudah digunakan, bersertifikat Halal, dan yang paling penting, mampu bertahan hingga 12 jam. Karena konsep itulah maka rangkaian produk Simply Stay ini cocok banget dipake buat kamu-kamu yang aktif dan sibuk, dituntut serba cepat, tapi tetap berpenampilan oke. Apalagi, karena produksi dalam negri, maka formula, kandungan bahan alami, dan pilihan warnanya telah disesuaikan dengan kulit orang Indonesia. Harganya juga ada di tengah-tengah, alias masih terjangkau. Dan bersertifikat Halal pastinya. ^_^

Apa saja yang kandungan dalam rangkaian produk Simply Stay ini?
  1. Curcuma Heyneana Root Extract.  Itu istilah kerennya. Artinya? Bukaaaan, ini bukan ekstrak buah mengkudu, tapi orang endonesa bilangnya ini Temu Giring. Fungsinya banyak. Salah satunya adalah melembabkan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit.
  2. Tocopheryl Acetat. Nama bekennya adalah Vitamin E. Berfungsi sebagai antioksidan alami terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh radikal oksigen reaktif dan sinar ultraviolet.
  3. Octyl Methoxycinnamate. Zat yang banyak terkandung dalam produk sunscreen dan lip balm. Gunanya adalah untuk melindungi wjaah dari paparan sinar matahari  (UV B).

Oke deeeh, sekarang kita intip isi dalem kotaknya:


Isinya berupa sample size dari rangkaian produk berikut ini:
1. Dua sample tubes berisi Simply Stay Moisturizer
2. Empat samples tubes berisi Simply Stay Liquid Foundation
3. Empat sample pans Simply Stay Stick Foundation
4. Empat sample pans Simply Stay Two Way Cake

Sebenarnya ada lagi satu produk dari lini Simply Stay ini yaitu Loose Powder-nya namun tidak diikutsertakan dalam sample yang diberikan.

Sekedar info, selain pelembabnya, tiap produk dari rangkaian Simply Stay ini memiliki empat jenis warna yang tentunya telah disesuaikan dengan warna kulit orang Indonesia pada umumnya yang berwarna dasar kekuningan dan kecoklatan.

Nih dia warnanya:


Daripada bingung dengan keempat jenis warna ini, yuk aku jelasin satu persatu.
  1. Pearly White. Untuk kulit putih atau terang. Walaupun sebenernya cocok juga dipake buat yang skintone-nya medium karena shade ini tidak terlalu terang seperti BB Cream keluaran produk Korea. :D
  2. Smoothie Yellow. Untuk kulit dengan undertone kekuningan.
  3. Caramel Latte. Untuk warna kulit sawo matang.
  4. Sweet Choco. Untuk kulit gelap. Bisa juga digunakan sebagai shading.
Ngomong-ngomong, nama warnanya itu kayak nama minuman ya, hmmm, slurp!

Curhat dikit ah. Waktu pertama buka kotaknya, aku 'terkejut' (halah, bahasanya!) dengan penampakan warna Sweet Choco. Asli, aku emang norak banget, karena seingetku, aku belom pernah liat ada produk lokal yang ngeluarin warna makeup dasar segelap ini. Ada sih, Moor's namanya, professional line-nya Mustika Ratu, tapi jarang banget aku liat Moor's. Dalam benakku, kalo sampe aku beli full size-nya stick foundation warna ini pasti bakalan asik banget, karena itu berarti aku akan punya cream shading dengan harga yang terjangkau dan mudah didapat. Plis deh, selama ini kan ngarep dapet produk sejenis, ya cuma dari Coastal Scents, itu juga masih kemahalan buatku, bentuknya juga palet berisi beberapa warna yang so pasti gak semua akan kepake. Hiks...

***

MOISTURIZER 




Ada dua jenis pelembab dari rangkaian produk ini, yaitu untuk kulit normal cenderung kering, dan untuk kulit normal cenderung berminyak. Tekstur keduanya kurang lebih sama, berupa krim putih yang tidak terlalu kental dan agak lengket di kulit. Butuh waktu agak lama sebelum krimnya benar-benar diserap oleh kulit, tapi setelah diserap, krimnya tidak lagi terasa lengket dan wajah rasanya jadi lembut banget, nyaman deh, rasanya muka jadi kenyal-kenyal gimanaaa gitu. Satu info penting, produk ini beraroma kembang setaman mekar mewangi. Sebagai penggemar wewangian, aku aja agak terganggu dengan aromanya, apalagi buat yang hidungnya sensi. Hihihihi... Satu lagi yang agak mengganjal di benakku, kenapa ya varian pelembabnya hanya ada dua. Bukankah jenis kulit itu ada juga yang kering, berminyak banget, acne prone, bahkan sensitif? Atau memang sebenarnya ada tapi nggak masuk dalam sample ini?

Anyway, aku udah nyoba ini selama hampir seminggu. Entah apa karena kulitku nggak sensi, tapi pelembab ini cocok-cocok aja di aku, nggak bikin jerawatan atau kusem. Aku pake pelembab untuk jenis kulit normal-oily. Buat kamu, tinggal pilih aja pelembab yang paling mendekati jenis kulitmu. Meskipun begitu, aku sih menyarankan kamu memiliki dua jenis pelembab ini, gak cuma satu, karena kondisi kulit tiap orang cenderung untuk berubah dari waktu ke waktu. 

Full size pelembab ini berisi 35 ml dalam kemasan tube, seharga IDR 15,000

***

LIQUID FOUNDATION




Hadeeeh swatch-nya rada berantakan. Maaf yaaa. Hihihihi. Kira-kira begini warna tiap shade-nya. Kalo dilihat lagi, kayaknya aku lebih cocok ke warna Pearly White deh, untuk saat ini loh. Meskipun shade-nya paling terang tapi tetap berwarna dasar kecokelatan, bukan abu-abu seperti kebanyakan foundation atau BB Cream buatan Korea yang sering kupake, jadi jatohnya di aku juga gak keputihan. Dan untuk warna Sweet Choco-nya, OMG, bagus banget  ^_^ 

Oke, enough ngomongin soal warna. Teksturnya itu nggak terlalu cair, tapi nggak kental banget. Nge-blend-nya gampang deh. Hasil yang diberikan adalah medium, nggak bisa nutup noda di wajah banget, apalagi kalo punya mata panda kelas berat kayak aku, harus ditambah ekstra concealer lagi biar bisa benar-benar tertutup. Tapi kelebihan fondation dengan hasil medium adalah sifatnya yang buildable, so kamu bisa menyesuaikan tingkat ketebalannya dengan kebutuhan kamu. Oles aja terus sampe beberapa lapis untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Jadi cocok banget buat dipake  sehari-hari. Aku pake yang Pearly White dengan di-set Simply Stay TWC, dan memakainpelembab Simply Stay sebelumnya, cukup bisa bertahan hingga 6 jam di kulitku yang normal-oily. Tanpa bantuan primer atau setting spray. Hidungku juga aman dari kilap bo! Joget dulu ah... Oh ya, finishing yang dihasilkan oleh foundie ini adalah dewy look, jadi cocok deh buat kamu yang pengen tampil glowing. Rasanya di kulit juga halus and soft banget, resiko untuk tampil 'cakey' sepertinya minimal banget kalo pake foundie ini.

Namun, sayang sungguh sayang, kalo ngomongin soal aromanya itu, sama bangeeet ama pelembabnya: semerbak mekar mewangi menggoda iman. Bau bedak jadul banget. Heheheh...

Produk ini dijual full size dalam kemasan tube 50 ml dengan harga IDR 78,700.


***

STICK FOUNDATION






Hal yang paling menarik dari stick foundation ini adalah baunya yang enak, sekilas kayak bau coklat, beda banget deh dengan liquid foundationnya. Hehehehe.

Teksturnya itu padat, bukan krim. Agak susah juga sih aku nyolek dari pan-nya. Tapi kalo aku liat sepertinya produk ini akan dikemas dalam bentuk retractable stick, seperti stick foundation-nya Kryolan. Pokoknya yang bisa diputer-puter gitu deh. So, maybe kamu gak perlu colek-colek kalo mau make foundie ini. Cukup langsung oles aja di muka, atau colek deh pake sponge/kuas langsung dari stick-nya. Kalo untuk countouring, stick foundation ini lebih mudah diaplikasikan karena teksturnya yang padat. Aku pake si Sweet Choco untuk cntouring, hasilnya bagus. Warnanya gak terlalu kemerahan. Sayangnya si Pearly White yang paling terang itu gak bisa aku pake buat concealer/highlight karena warnanya yang senada dengan kulitku.

Untuk coverage dan daya tahannya sih kurang lebih sama dengan liquid foundie. Medium result dan bertahan hingga 6 jam lamanya. Finishing looknya matte.

Produk ini dijual full size dalam kemasan stick 15g seharga IDR 50,000.


***

TWO WAY CAKE



Pas aku colek TWC ini, rasanya di ujung jari itu lembut banget, dan pas di-apply ke wajah juga berasa ringan sekali. Untuk nge-set foundation, TWC ini nggak terlihat cakey, dengan hasil coverage yang medium.  Tapi aku pernah pake ini dengan hanya bermodalkan concealer, tanpa foundie. Hasilnya nggak nempel bo. Jadi berbubuk gitu, gak rata. Aromanya lumayan semerbak mewangi untuk ukuran TWC, meski gak lebay kayak liquid foundie dan pelembabnya. Somehow, shade Sweet Choco tidak segelep seperti di produk lainnya.

Two Way Cake ini dijual dengan harga eceran IDR 75,000 sedangkan Loose Powder-nya yang tidak diikutsertakan dalam sample dan review ini dibandrol dengan harga IDR 60,000 dalam kemasan 20gr.

***

BASIC MAKEUP TUTORIAL

Setelah kenalan satu persatu dengan rangkaian basic makeup dari Simply Stay Mustika Ratu ini, yuk aku tunjukkin gimana cara pengaplikasiannya.



Pertama adalah: start with your clean bare face. Kalo kamu gak bisa cuci muka (lagi kepepet misalnya), cukup tepuk-tepuk wajah kamu pake kapas basah, lalu keringkan. 



Oleskan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu, atau minimal yang paling mendekati. Di sini aku menggunakan pelembab untuk jenis kulit normal to oily. Ratakan lalu diamkan selama beberapa menit hingga benar-benar meresap (kok kayak bikin kue ya?). Setelah itu apply liquid foundation secara merata ke seluruh bagian wajah. Setelah rata, tumpuk foundie-nya dengan two way cake powder menggunakan kuas bedak. Tipis aja, sekedar untuk menjaga foundie-nya biar gak luntur aja. Di sini aku menggunakan liquid foundation dan two way cake Pearly White.



Highlight tulang pipi (membentuk segitiga), bagian bawah kening, bagian tengah hidung, dan dagu menggunakan cream concealer. Lalu kontur bagian luar kening, pinggiran hidung, bagian bawah dagu, dan tulang pipi menggunakan cream contouring. Di sini aku menggunakan stick foundation Sweet Choco untuk contouring-nya, dan Revlon Colorstay Concealer (Light) untuk highlighting-nya. Aku gak pake stick foundie Pearly White karena warnanya kurang terang untuk highlight.



Blend highlight dan contouring-nya menggunakan alat apapun yang kamu suka. Di sini aku menggunakan jari. Make sure untuk blend highlight-nya dulu baru contour-nya supaya warnanya nggak kecampur. Tapi ingat, jangan over blend ya. Lalu tumpuk lagi dengan two way cake. Terakhir retouch lagi contour wajah kamu menggunakan contouring bubuk/padat. Di sini aku pake two way cake Sweet Choco, tapi bisa juga diganti eyeshadow coklat tua atau contouring kit biasa.

***

Basic makeup sudah selesai, sekarang tinggal kamu dandan deh dengan gaya sesukamu. Kalo di sini aku mix makeup ulzzang dan gyaru. Ulzzang untuk wajahnya lengkap dengan gradient lips dan highlight tulang pipi yang berkilat-kilat heboh, sedangkan untuk eye makeupnya, aku nyontek style neo gyaru. Tau deh mirip apa kaga, secara ini muka kaga ada korea-korea-nya acan.








Rasanya gak sabar deh nungguin bisa beli full size-nya si Simply Stay ini. Yang ku incer tuh pelembabnya (soalnya adem di muka), stick foundie Sweet Choco (buat cream shading), liquid foundation Pearly White (hasilnya glowing bo!), dan Two Way Cake Sweet Choco (buat powder shading).

***

Acara ini diorganisir oleh B Blog Indonesia dan disponsori oleh Mustika Ratu


***

See you on my next posts!