Friday, April 20, 2018

Review: Mukka Lip Cream Matte in No. 04 and No. 07

mukka-lip-cream-matte-no-04-no-07-review


Kosmetik merk Mukka ini sebenernya agak kasian karena sering dikira abal. Kira-kira sama  nasibnya kayak merk Nonna atau JustMiss. Padahal Mukka dan dua kosmetik yang gue sebut barusan bukan abal, cuma karena sering dijual bareng kosmetik palsu, nama mereka pun ikut terseret-seret. Mukka sendiri adalah kosmetik asal Cina, kalo ada embel-embel tulisan 'Los Angeles' di bawah merk mereka, nah itu gue ngga ngerti kenapa deh. Terus seinget gue juga, udah lama banget gue liat merk ini, mungkin sekitar tahun 2003-2004 (maybe). Sempet ada rumor ngga enak yang katanya Mukka nggak terdaftar di BPOM, tapi sejak tahun 2015 lalu BPOM sudah menerbitkan ijin edar untuk produk mereka.

Yang gue suka dari Mukka adalah harganya murah dan varian produknya lucu-lucu. Gue sempet mau eksekusi beberapa palet dan lip cream-nya lewat official sellernya di Instagram, cuma karena beberapa juta alasan, gue cuma sempet kebeli lip cream matte-nya.

mukka-lip-cream-matte-no-04-no-07-review








Mukka Lip Cream Matte ini dikemas dalam botol plastik bening dengan tutup hitam. Desain botolnya sendiri keliatan modern, nggak norak deh. Keterangan soal nama perusahaan, komposisi bahan, tanggal kadaluarsa, PAO, sampe nama website resminya, tercantum jelas di botolnya. Menyenangkan sekali rasanya melihat kemasan yang informatif seperti ini, nggak ada yang perlu disembunyikan.

Sekedar info yah, Mukka Lip Cream Matte ini beda dengan Mukka Matte Look Ultra Smooth Matte Lip Cream (buset panjang amat namanya).

Aplikatornya berbentuk standar, doe-foot, dengan bantalan yang cukup empuk. Kalo masih baru, Mukka Lip Cream Matte ini disegel dengan plastik. Ketimbang kotak, menurutku segel plastik ini lebih praktis dan lebih aman dari gangguan tangan para pencolek yang malas beli.

Mukka Lip Cream Matte ini terdiri dari 12 warna, semuanya hanya berupa angka, tanpa nama shade. Dari 12 varian itu, warna berbasis pink adalah yang mendominasi. Pokoknya dari pink barbie, pink pecun, pink mamak pengajian, pink orang sakit, sampe mauve pun ada. Rata-rata pink-nya mirip pula. Berdasarkan pertimbangan itu, gue merasa nggak perlu beli semua warnanya. Cukuplah gue beli yang shade nomor 04 dan 07. Lagian warna yang incer sebetulnya cuma No. 07.

Formula Mukka Lip Cream Matte ini pas, ngga terlalu creamy atau cair. Ada aroma manis kayak permen karet yang lumayan semerbak juga, tapi buat gue ini ngga jadi masalah.

Warnanya kira-kira seperti berikut ini kalo di-swatch di tangan. Mari kita bahas warnanya lebih jelas dengan swatch di bibir juga yah.




mukka-lip-cream-matte-no-04-no-07-review
Mukka Lip Cream Matte No. 04

Mukka Lip Cream Matte No. 04 ini adalah pink tua alias fuchsia tapi undertone-nya warm, so kayaknya dipake di kulit medium juga cuco. Di bibir gue dengan tone kulit gue pun warna ini nggak keliatan menyala kayak bibir Nicki Minaj. Bold tapi kalem, if that makes sense to you.



mukka-lip-cream-matte-no-04-no-07-review
Mukka Lip Cream Matte No. 07

Nah kalo Mukka Lip Cream Matte No. 07 ini yang dari awal gue incer karena warnanya unik banget. Coklat tapi keunguan tapi keabu-abuan... Hmmm, mungkin bisa disebut warna taupe. Cocok banget dipake kalo kamu mau lipstikan tapi tetap keliatan 'garang'. Warna ini belom pernah gue liat ada di kosmetik dengan harga murah, jadi menemukan ini seperti melihat harta kirun di antara harta karun.



***


Mukka Lip Cream Matte ini keringnya cepet, asal kamu nggak apply ketebelan aja. Pas dipake formulanya ringan kayak ngga pake lipstik, sama sekali nggak lengket. Finishing-nya juga super matte yang nggak bakal goyah kecuali kalau bersinggungan dengan minyak. 

Untuk kedua warna di atas, pigmentasinya bagus banget. Gue nggak perlu celup beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang opaque. Sama sekali ngga berhadapan dengan masalah hasil yang streaky atau patchy, pokoknya gampang rata.

Produk ini ketika dihapus/digosok akan berakhir jadi serpihan gitu, nggak tau kenapa ya. Biasanya kan lip cream bakal smudge kalo dihapus, tapi ini nggak. Bahkan warna fuchsia seperti No. 04 yang kalo lip cream laen bakal meninggalkan stain, nah yang ini nggak.

Seriously, gue pengen banget menemukan kekurangan dari Mukka Lip Cream Matte ini, tapi susah ya. Udah enak dipake, trus murah, sepertinya terlalu indah untuk jadi kenyataan. Gue beli ini pas lagi diskon selama bulan April 2018 seharga Rp. 15.000/buah. Harga normalnya sih Rp. 28.000. Tuh, murah banget kan? Kurang apa lagi coba? Bikin kering? Ya iyalah, semua lip cream matte pasti bikin kering. Oh, atau mungkin ini kekurangannya: varian warnanya kurang variatif, didominasi pink! Atau mungkin teman-teman yang budiman sekalian ada yang mau menambahkan? Silakan loh tinggalkan jejak di komen.