Wednesday, October 31, 2018

My Skin Care Journey: Skin Care Routine Untuk Kulit Normal Cenderung Kering

my-skin-care-routine


Problem kulit gue itu bermula pas hamil keempat tahun 2016. Kulit gue jadi jerawatan dan kusam banget. Entah udah berapa kali gue di-judge jarang mandi saking somplaknya penampakan gue.

Awalnya problem yang gue hadapi itu jerawat. Dan alhamdulillah berhasil gue atasi dalam waktu beberapa bulan. Sayangnya gue nggak sempet mendokumentasikan produk-produknya apa aja. But, trust me, produk yang gue pake hanya sebatas produk drugstore yaitu Acnes, Caladine, dan Mineral Botanica. Paling mahal itu The Body Shop. Tapi gue pakenya rutin dan agak ngotot juga sampe akhirnya kulit gue jenuh dan mulai kering dan mengelupas karena keseringan digempur dengan anti acne products. Nah skincare routine yang gue pake ini jadi semacam 'penyembuhan' dari kusamnya bekas jerawat dan kulit yang mengelupas itu demi kulit yang lebih cerah, lembab, dan bersinar seperti piring yang baru dibeli. Sedikit catetan juga kalo usia gue 37 tahun jadi proses regenerasi kulit juga udah lambat.


Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa gue gak ke SpKK aja? Duhai, Kisanak, diriquw inhi tidacK Mau ke SpKK. KEnapa tidak mau? Yha phokoqnyha thidack sajha. Sekali tidack ya tidack. Habis perkasa. Dan buat kamu yang mau bilang: kalo aquw sih skincare-nya wudhu aja, maka gue ucapkan selamat buat kalian, sekalian gue kasih saran untuk memperbanyak bahan bacaan supaya ilmunya bertambah.

Sebelum kita bahas inti permasalahannya, gue mau ngingetin dulu kalo post kali ini agak panjang, ruwet, dan detil. Jadi kalo kamu gak suka ribet-ribet ngurusin muka atau lebih suka ke SpKK, berhentilah membaca sampai di sini. Tidak ada gunanya post ini buat kalian. Tapi kalau kamu adalah pejuang swadaya demi kulit yang lebih sehat, yuk kita baca sampai tuntas. Siapa tau ada faedah yang bisa dipetik. Dan sekedar ngingetin juga kalo ilmu skincare gue masih rendah, gue bukan Dokter Kulit, hanya sekedar orang yang suka trial-error. Apa yang gue beberkan di sini adalah pengalaman yang berhasil di gue.



FIRST CLEANSING



my-skin-care-routine


Tahap pertama dari skincare routine tentu saja membersihkan wajah. Ada dua tahap. Tahap pertama adalah menghapus kotoran/makeup dari wajah. Jadi walaupun kamu gak pernah ber-makeup sekalipun tetep wajib melakukan ini. Emangnya muka nggak ketempelan debu?

Untuk bagian ini gue lebih suka menggunakan pembersih yang sifatnya creamy, oily, atau sekedar two step makeup remover (yang ada oil-nya trus musti dikocok itu loh). Jadi produk yang suka gue pake selalu berkisar di milk cleanser, cleansing oil, atau two-step makeup remover. Bagaimana dengan micellar water? Gue kurang suka karena menurut gue kurang 'powerful' untuk menghapus makeup waterproof. Satu-satunya micellar water yang benar-benar bisa membersihkan menurut gue cuma Bioderma, dan gue gak kuat sama harganya.

Beberapa first cleanser yang suka gue pake adalah (sesuai gambar dari kiri ke kanan):
  • Acnes Milk Cleanser (ini sisaan jaman jerawatan dulu tapi masih suka gue pake).
  • Sephora Cleansing Cream in Coconut Water. Formula krimnya sangat thick tapi wanginya enak.
  • Amethyst Virgin Coconut Oil. Sebenarnya ini homemade product, tapi kamu bisa pake VCO merk apapun
  • Cetaphyl Gentle Skin Cleanser. Favorit gue. Digosok ke matapun nggak pedih. So gentle but powerful.
  • Maybelline Eye+Lip Makeup Remover, yang ciamik membersihkan makeup waterproof tapi nggak pedih di mata.
First cleansing ini gue lakukan di pagi hari saja untuk menghapus sisa skincare malam atau setiap habis pake makeup. Kalo sore/malem sih agak malazzz karena muka sudah kena wudhu dari Ashar, Maghrib, sampe Isya. Cara pakainya cukup tuang produk ke kapas, pijat ke seluruh wajah, lalu seka dengan kapas. Untuk membersihkan lip cream dan eyeliner waterproof, biarkan kapas agak lama di area yang akan dibersihkan, lalu seka. Untuk eyeliner di sela bulumata dan waterline akan gue bersihkan dengan cotton bud yang sudah dibasahi dengan makeup remover.

Gue gak pernah pake lebih dari 4 kapas untuk bersihin muka, karena semakin banyak kapas yang gue pake maka muka gue akan semakin perih. Malah gue sempet heran pas baca di mana gitu, bahwa kita harus membersihkan wajah sampe kapas putih, alias gak ada lagi sisa makeup yang menempel. Itu mau seperih apa muka?




SECOND CLEANSING



my-skin-care-routine


Second Cleansing adalah membersihkan wajah dengan sabun wajah. Merk favorit gue adalah dari Olay ini, variannya bisa Olay Regenerist atau Olay Total Effects. Dua-duanya harus dari jenis Cream Cleanser, bukan Foam Cleanser. Efek dari Olay Regenerist atau Olay Total Effects sama aja sih, cuma yang Regenerist lebih wangi aja.


Step ini gue lakukan setiap habis melakukan first step cleansing. Nah, khusus untuk area mata, gue gosok dengan sabun bayi Johnson & Johnson Top To Toe Wash terlebih dahulu. Beneran gue gosok sampe ke bagian bulu mata, makanya pake sabun bayi yang nggak perih. Baru setelah itu muka dicuci pake sabun wajah.

Ada yang bilang menggosok area kelopak mata bikin cepet keriput. Tapi gue lebih memilih keriput daripada mata iritasi. Lagian ini udah jadi konsekuensi ber-makeup.




TONER



my-skin-care-routine

Siapa di sini yang masih suka pakai toner buat bersihin muka? Hehehe... Gue juga dulu begitu. Well meskipun nggak salah-salah banget (toner emang bisa buat bersihin muka), tapi bukan itu tujuan sebenarnya ia diciptakan. Jadi pH alami kulit wajah adalah 5 atau 6. Setelah mencuci wajah maka pH wajah akan terganggu. Toner ini berfungsi untuk mempercepat penyeimbangan pH tadi, dengan begitu penyerapan produk-produk skincare berikutya akan jauh lebih maksimal.

Toner yang gue pake di sini ada dua jenis dari merk yang sama:
  • Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion (botol putih).
Produk ini adalah hydrating toner, sifatnya melembabkan dan emang diformulasikan buat kulit normal-dry. Gue biasanya pake ini pas malem hari, tapi siang pun kadang gue pake kalo muka lagi butuh kelembaban ekstra.
  • Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion (botol biru).
Produk ini bersifat mencerahkan, karena emang tujuan gue cari skincare selain melembabkan juga mencerahkan. Gue pake toner ini siang hari. Kalo dibandingin dengan versi Gokujyun, Shirojyun ini teksturnya agak lebih ringan dan lebih cepat meresap ke kulit.

Kedua produk di atas gue pake tepat setelah cuci muka. Kulit yang tadinya berasa kering jadi adem lagi. Cara pakenya cukup gue tuang beberapa tetes ke tangan, lalu tepuk-tepuk (baca: tampar) ke wajah.



EYE CREAM



my-skin-care-routine

Ada dua produk yang gue pake buat perawatan mata:
  • Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream
  • The Ordinary Solution Caffeine Solution 5% + EGCG, yang mana lupa gue foto!
Dua produk di atas gue pake bergantian tergantung mood aja. Sekalinya gue rajin pake krim mata emang terasa banget lingkaran hitam di bawah mata mulai memudar, dan dua produk ini nggak bikin milia bertambah banyak.




ESSENCE



my-skin-care-routine

Jujur aja step penggunaan essence ini gue tambah ketika gue endorse Avoskin. Tadinya dari toner, gue akan langsung pake serum. Tapi pas gue rajin pake PHTE Avoskin ini pori-pori berasa lebih kalem dan proses pencerahan kulit jadi lebih cepet aja. Gue gak tau cerahnya karena PHTE ini atau justru PHTE ini yang mengoptimalkan kerja serum-serum yang gue pake.


Essence ini gue pake siang dan malam hari dengan a dituang ke tangan secukupnya lalu tepuk-tepuk ke seluruh wajah. 




SERUM


my-skin-care-routine

Tahap selanjutnya setelah essence adalah serum. Ada 4 produk serum yang gue pake, yaitu (dari kiri ke kanan):
  • The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA.
Ini produk terpenting dari seluruh skincare routine gue. Serum ini tujuannya untuk memudarkan bintik hitam dan meratakan warna kulit. Gue memutuskan beli ini karena udah pake Niacinamide ampir sebotol tapi bintik-bintik bekas jerawat belom juga pudar. Setelah pake Alpha Arbutin setengah botol gue udah mulai merasakan manfaatnya.
  • The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%
Serum ini tujuannya untuk mencerahkan warna kulit sekaligus melembabkan. Gue pake ini dari jaman muka oily dan jerawatan. Waktu itu gue seneng banget karena serum ini  tekstur kulit gue jadi lebih matte tanpa kehilangan kelembabannya. Pori-pori pun terlihat lebih kalem. Sayangnya efek cerahnya nggak ngaruh di gue, yang pada akhirnya gue putuskan untuk memakai Alpha Arbutin.
  • Humphrey Spot Serum
Serum ini punya manfaat kurang lebih sama dengan Niacinamide karena sama-sama mengandung Vitamin B3, hanya saja persentasenya lebih kecil dan ada tambahan kandungan Ethyl Ascorbic Acid (Vitamin C). Gue pake ini gantian aja atau berbarengan dengan The Ordinary Niacinamide.
  • The Body Shop Tea Tree Daily Solution
Serum ini gue pake waktu muka oily dan jerawatan. Efeknya di gue bikin kulit terasa matte, hanya saja pemakaian jangka panjang bikin kulit gue dehidrasi. Serum ini kadang masih gue pake kalo lagi muncul jerawat menjelang menstruasi dan hanya gue pake di bagian yang berjerawat.

Tiga serum di atas (kecuali The Body Shop) gue pake berbarengan pada pagi dan malam hari. Gak jadi soal mana yang dipake lebih dulu asal ditunggu sampe benar-benar diserap kulit. Gak lama sih, paling 1 menit juga udah kering.





SHEET MASK

(atau mask sheet?)



my-skin-care-routine

Sheet mask gue pake setelah menggunakan serum. Gak ada merk khusus atau jenis khusus sih. Tapi 90% yang gue pake adalah sheet mask Korea, dan gue selalu menghindari sheet mask yang punya kandungan aktif Aloe Vera atau Aloe Barbadensis karena kulit gue gak pernah bisa akur sama komposisi itu.

Waktu awal skincare routine, gue pake sheet mask tiap hari. Waktu itu muka lagi parah-parahnya. Tapi makin ke sini kondisi kulit semakin membaik, gue kurangin frekuensinya jadi 2 hari sekali. Kalo ini alesannya lebih karena budget sih. Hehehehe.

Cara pakenya itu, malam hari setelah semua skincare meresap, pake sheet mask selama maksimal 20 menit. Angkat, lalu tepuk-tepuk essence yang masih basah di wajah. Ditepuk ya, bukan diusap. Tunggu sampe mengering lalu lanjut pake pelembab. Kalo kamu rajin bisa peras sisa essence di dalam kemasan untuk dioles di tangan atau leher. Tapi gue sih males.



MOISTURIZER


Untuk pelembab atau moisturizer ini gue bedakan produknya untuk pagi dan malam hari.

Night Cream

my-skin-care-routine

Ada dua produk yang gue pake untuk krim malam:
  • Naruko Taiwan Magnolia Brightening and Firming Night Gelly.
  • Olay Total Effects 7 in 1 Night Cream.
Krim malam adalah step terakhir dari skincare routine gue. Pokoknya ga pernah absen. Moisturizer ini ibarat pengunci seluruh skincare yang udah kamu pake sebelumnya. Dua produk di atas gue pilih gak ada alasan tertentu sih, yang penting dua-duanya bisa bikin kulit kering gue terhidrasi dengan cukup.



Daily Mosturizer


my-skin-care-routine

Ada jenis moisturizer atau pelembab pagi/siang yang biasa gue pake, yaitu:
  • Hada Labo Gokujun Ultimate Moisturizing Milk.
  • Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Milk.
  • Citra Sakura Fair UV Powder Cream.
  • Fair & Love 2-in-1 Powder Cream.
Untuk pelembab dari Hada Labo itu gue pake tergantung kondisi kulit. Kalo kulit lagi kering banget, maka gue pake yang botol putih. Kalo lagi kondisi kulit normal, gue pake yang botol biru. Sementara untuk powder cream dari Citra dan Fair & Lovely itu gue pake pas lagi harus 'terlihat dandan', atau 'terlihat pake bedak' karena ada efek tone up-nya.

Kalo udah pake powder cream biasanya gue nggak pake sunscreen lagi karena di komposisinya udah ada titanium dioxide. Kecuali kalo mau keluar rumah.




SUNSCREEN



my-skin-care-routine

Finally, ini lah step terakhir dari skincare gue di pagi/siang hari. Produk ini hukumnya wajib kalo mau keluar rumah. Ada banyak merk sunscreen di luar sana yang udah gue coba tapi satu-satunya yang paling rekomen cuma si Skin Aqua UV Moisture Milk ini. Dia cepet meresap, teksturnya ringan, gak bikin komedo tambah banyak, gak bikin kulit jadi kering atau justru tambah berminyak. Gue pernah coba pake varian satunya yang UV Moisture Gel tapi rasanya gak nyaman karena tekstur krimnya lebih thick.



PERAWATAN LAIN-LAIN


Perawatan lain-lain di sini yang cuma gue pake pas lagi ada kondisi khusus,alias nggak rutin.


my-skin-care-routine

OBAT JERAWAT yang sekarang lagi gue pake, and probably the strongest one ever, adalah Oxy 10. Gue antara rekomen atau nggak rekomen sama produk ini karena dia emang strong banget. Malem oles, pagi langsung kering. Tapi kelemahannya kalo gue pake ini lebih dari 2 hari efeknya di kulit jadi mengelupas. Maybe gue mustinya pake yang Oxy 5 aja? Ga tau juga sih. Tapi kalo kalian butuh obat jerawat yang ampuh banget, bisa coba ini. Tapi sebisa mungkin hanya oles di jerawat, jangan sampe kena kulit di sekitar jerawat.



my-skin-care-routine

LIP BALM.yang selalu jadi andalan gue adalah Laneige Lip Sleeping Mask (Vanilla) ini karena di gue efektif buat mengatasi bibir kering. Sama kayak Oxy 10, kalo malem oles ini, paginya bibir yang pecah-pecah langsung sembuh. Sayangnya produk ini kalo dipake keseringan atau dipake pas bibir gak kenapa-kenapa, efeknya justru bikin bibir tambah kering.



my-skin-care-routine

FACE MASK. Untuk perawatan mingguan atau dwi mingguan, gue akan pake masker menjelang mandi sore. Jadi caranya gue akan bersihin muka pake scrub wajah baru deh maskeran. Gue nggak punya merk masker andalan karena selalu gonta-ganti, pake apa aja yang ada. Kebetulan kemaren gue abis endorse masker dari Irisu, jadi gue pake aja karena cocok.


***

Selain dari produk-produk di atas, gue nggak menyertakan peeling/scrub wajah dan scrub bibir. Untuk scrub bibir gue cuma pake gula dan madu. Sementara untuk scrub/peeling wajah gue masih sembarangan aja pake berbagai merk yang gampang gue temuin. Belom punya produk andalan sih.

Buat kalian yang bingung sama step-step skincare di atas, berikut ada ringkasan rutinitas yang gue lakukan untuk pagi dan malam hari.

Skincare pagi:
  1. First cleansing
  2. Second cleansing.
  3. Toner.
  4. Eye cream.
  5. Essence.
  6. Serum.
  7. Moisturizer.
  8. Sunscreen.
  9. Lip care (bila perlu).
  10. Obat jerawat (bila perlu).

Skincare malam:
  1. Second cleansing.
  2. Toner.
  3. Eye cream.
  4. Essence.
  5. Serum.
  6. Sheet mask (2 hari 1x).
  7. Moisturizer.
  8. Lip care (bila perlu).
  9. Obat jerawat (bila perlu).
(Skincare setelah mandi sore gue gak pake apa-apa selain hydrating toner sih. Gue merasa percuma karena toh akan tergerus wudhu Maghrib dan Isya juga).

Untuk memantau sejauh mana skincare routine ini bekerja, maka gue memilih untuk nggak pake makeup sama sekali. Kebetulan gue emang jarang banget pake makeup. Sebulan bisa diitung pake jari. Apalagi profesi gue kan cuma pengangguran tak berguna yang nggak ada kerjaan, bisanya ngabisin duit foya-foya buat beli kosmetik trus selfie-selfie cantik di Instagram gitu. Sampah banget kan ya gue, jadi ga perlu lah makeup sering-sering.

Kalopun kamu harus pake makeup karena tuntutan profesi usahain jangan pake base makeup (foundation, bb cream, bedak, dll). Atau paling banter pake concealer aja di spot-spot tertentu. Soalnya kalo kamu makeup berat tiap hari, gimana bisa mantau perkembangannya? Tapi kalo kamu HARUS pake makeup berat ya udah itu derita sendiri.

Berikut adalah beberapa foto before-after. Foto before itu gue ambil secara nggak sengaja waktu buat bikin review apaa gitu, gue lupa. Pokoknya itu sekitar bulan Juni atau Juli.




Dari perbandingan di atas bisa dilihat kan kalo kondisi kulit gue jadi mendingan walau nggak sempurna. Tone kulit gue ukan berubah jadi putihan ya, tapi cerah. Harap dibedakan.

Beberapa manfaat yang gue dapetin setelah melakukan perawatan ini:
  • Warna kulit lebih cerah dan merata
  • Kulit nggak lagi mengelupas.
  • Kulit terasa lebih lembab dan glowing tapi gak over oily.
  • Jerawat munculnya paling cuma menjelang menstruasi dan gak 'hilang satu tumbuh sejuta'.
  • Pertanyaan 'kulit lo kenapa?' perlahan-lahan mulai menghilang.
  • Perasaan minder berkurang.
  • Keperayaan diri yang menjurus ke rasa congkak dan pongah mulai bertambah.
  • Berkurangnya keinginan pake foundation tebel-tebel.
Apa lagi ya? Hmmm, itu aja sih kayaknya. Mungkin ada yang mau nambahin?


Btw, mungkin ada beberapa di antara kalian merasa cara gue aneh, atau buat yang expert dalam hal skincare bilang ini salah. Ga tau juga sih. Tapi sejauh ini, skincare seperti inilah yang berhasil menyelamatkan kepercayaan diri gue. Kalo kamu punya kritik atau saran atau pertanyaan silakan aja leave your thought in the comment.






27 comments:

  1. Kelihatan efeknya jd lebih baik ya kak. apalagi bagian under eyes lebih fresh dr sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Serummu banyak banget! XD Itu Humprey aku kok naksir botolnya syantiek :p
    Btw, dark spotsnya banyak yang ilang ya mbak, kebantu Niacinamide yah keknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebantunya lebih ke alpha arbutin sih. Niacinamide dapet efek matte nya aja di aku.

      Delete
  3. Wow, you have the most serious and well-planned skin care routine. And your skin looks really healthy and beautiful!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you. If only I'm this determined about working out and dieting. Lol.

      Delete
  4. iya ya sis, bersihin muka tuh penting banget, sampe ber step-step juga dijalanin #KBBVMember Carnellin

    ReplyDelete
  5. Walaupun kulitku belum seperti kulitmu mak, tapi aku pun ngerasa banget perubahan kulitku sejak rajin ngatur skincare dan sekarang malah jadi ketagihan cobain skincare :D #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes I know that. Aku baca skincare journey mu dari awal-awal ngeblog Luc. Emang hasil gak pernah mengkhianati proses yah. :)

      Delete
  6. woww hasilnya keliatan banget ka, ada beberapa produk yang samaan tp tipe kulit aku oily #kbbvmember

    ReplyDelete
  7. Pengen beli tonernya nih. Before sama afternya kelihatan banget loh 😍😍
    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah. Usaha gak pernah mengkhianati hasil...

      Delete
  8. Seandainya harga sheet mask Korea lebih murah lagi pasti bisa pakai tiap hari :'D Aku kalo lagi nggak ada dana buat sheet mask malah cuma pakai seminggu sekali doang haha

    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha benerrr. Maunya sih 3 ribuan aja. Tapi kalo keabisan aku suka pake tablet mask yg dicelup ke toner. Lumayan gantiin sheet mask.

      Delete
  9. Proses tidak pernah mengkhianati hasil ya beb, aku juga pakai Naruko yg Tea Tree Series 😍 #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah naruko tea treee ya. Katanya bagus juga dia. Sayang kondisi kulit aku lagi gak memungkinkan pake varian itu. Padahal penasaran

      Delete
  10. Bener loh, aku sekarang lebih fokus ke skincare dan base makeup paling banter bedak kalo ngantor biar nggak kumus-kumus doang. Kulit jadi keliatan lebih sehat dan jarang jerawatan dibandingkan dulu pake BB tiap hari. Mau keluar g pake base makeup sekarang pede-pede aja #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa hahahah. Emang base makeup kalo dipake tiap hari bikin muka aku jadi kusem.

      Delete
  11. sheet masknya menggoda mak, btw kamu riya terselubung maaaaak, pamer koleksi skincare :( #KBBVMember

    ReplyDelete
    Replies
    1. astaga, siapa bilang eke riya mak. Ini tuh cuma mau pamer aja, dikiiit

      Delete
  12. eeh aku juga pake si body shop tea tree juga.. sama lagi pake nya kalo lagi jerawatan aja.. lumayan siih ya.. #kbbvmember

    ReplyDelete
  13. aku pake skin aqua yg spf 20, gak begitu cepat meresap dan ada whitecast. jadi pengen coba spf 50 deh 😙
    #kbbvmember

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku gak tau kalo ada yg spf 20. Tapi kalo sunscreen sih pasti ada white cast nya.

      Delete

Hi! Thanks for reading my blog! Please leave your thought in the comment section. But please do not leave any spam/link as I will not approve it. Thanks and have a nice day!

Latest Post

First Impression: Evershine Moringa Series