Saturday, February 15, 2020

Cobain Kosmetik Lokal Terbaru: Y.O.U. Makeups

review-esybabsy-you-makeups-eyeshadow-lipstick-blush-on

Pas kapan gitu ya, gue kan mau pergi, jadi gue dandan. Terus lagi mood aja dandan serba coklat kemerahan gitu. Nah, makeup coklat-coklat kan cakepnya pake blush peach, tapi pas gue cari ternyata kaga ada. Tinggal yang ngepink doang. Setelah diinget-inget lagi baru inget kalo semua blush peach gue udah disumbangin ke sodara. Terus gue jadi kesenengan gitu loh, mikir: mantab lah ini, ada alesan buat belanja lagi. Jadi pas pulang nganter anak sekolah, gue mampir bentar ke toko Dan+dan. Di antara beberapa blush peach yang ada di situ, mata gue tertuju ke merk Y.O.U. ini soalnya dia kecil mungil, jadi praktis, dan warna kemasannya juga lucu. Dan yang namanya gue kalo liat yang lucu-lucu itu suka ga tahan, akhirnya tangan gue reflek ngambil eyeshadow dan lipstiknya juga. Payah banget deh.

Oh ya, sedikit info, merk kosmetik Y.O.U Makeups ini baru ternyata, baru launching 2019 lalu. Jangan kecele juga sama model kemasannya yang ke-Korea-an karena ini produk lokal Indonesia, tapi diproduksi di Cina. 

The Simplicity Eyeshadow Quad

No. 02 (Smart)


review-esybabsy-you-the-simplicity-eyeshadow-quad-smart

Simplicity Eyeshadow Quad ini termasuk dalam seri Simplicity, yang kayaknya ditujukan buat 'anak muda', atau 'orang yang merasa muda' (kayak gue). Keliatan dari desain kemasannya yang fresh banget. Paletnya mungil, terbuat dari plastik berwarna peach dengan tutup transparan. Kotaknya juga berwarna peach dengan bagian tengah transparan, pokoknya adorable banget lah. Terus di bagian bawah palet ada 'saran penyajiannya', semacem eye makeup tutorial yang simpelnya gimana. Cuma eyeshadow ini ga ada kaca atau aplikator sih. Mungkin YOU Makeups udah sering baca review yang bilang kalo aplikator bawaan itu cupu, jadi ditiadakan sekalian. Atau cuma mau ngirit ongkos produksi. Auk dah.



review-esybabsy-you-the-simplicity-eyeshadow-quad-smart

review-esybabsy-you-the-simplicity-eyeshadow-quad-smart

Produk ini ada empat varian yang masing-masing berisi empat pan warna eyeshadow. Kombinasi warnanya gemes-gemes semua. Tapi gue milih varian No. 2 (Smart) yang berisi kombinasi warna-warna netral/kecoklatan dengan nuansa hangat, terdiri dari tiga matte dan satu shimmer. Gue pilih varian ini karena menurut gue kombinasinya gak pasaran. Warnanya emang netral tapi unik-unik.

review-esybabsy-you-the-simplicity-eyeshadow-quad-smart

Berikut warna-warnanya menurut pengamatan mata gue:
A. Mustard (matte). 
B. Coklat muda (matte).
C. Coklat bata (matte).
D. Champagne (shimmer).

Gue suka banget sama semua warna matte-nya. Warna A adalah alasan utama gue beli palet ini karena warna mustard itu unik dan jarang ada di palet eyeshadow lokal, sayangnya warna ini kurang cocok dipake tersendiri di mata gue karena bikin makin keliatan sipit. Cocoknya buat warna transisi aja. Warna B dan C adalah warna coklat kemerahan yang kakak adek dan dua-duanya cakep dipake sebagai eyeshadow single. Smua warna matte-nya punya tekstur yang pas, gak terlalu lembut atau keras dan tidak banyak menyerbuk. Pigmentasinya oke banget bahkan saat di-swatch di kulit tangan yang kering. Ketiga warna ini juga dapat dibaurkan dengan baik, hasilnya menyatu. Bukan tipe eyeshadow yang kalo dibaur malah pudar.

Warna C adalah warna champagne yang cantik banget, teksturnya paling lembut di antara yang lain. Untuk pigmentasi juga lumayan bagus walau ga cukup pigmented untuk bisa dijadiin highlighter. Yang bikin gue sedih, kenapa warna C ini harus shimmer, bukan metalik atau pearly gitu. Kan palet Korea itu biasanya punya satu warna metalik untuk dijadiin warna topper. Tapi ini ngga. Gue coba olesin sebagai topper jadinya ga bagus, karena dia shimmer. Jadi ga terlalu keliatan. Kalo mau liat jelasnya bisa lihat video di akhir post ini.

Daya tahan eyeshadow ini lumayan oke buat sehari-hari. Kecuali kalo elo anak kuliahan yang cadas bersimbah peluh dan dengan kelopak berminyak ya. Tapi so far gue kan ngga begitu. Sebagai penganut kaum rebahan dan lebih sering make ini buat jalan ke mall, eyeshadow ini nempel aja seharian. Pudar dikit ada lah, namanya juga kena wudhu. Tapi tanpa touch up pun eyeshadow ini masih tetap kelihatan setelah 6 jam pemakaian.



The Simplicity Flush Blush

No. 02 (Coral Pink)



review-esybabsy-you-makeups-the-simplicity-flush-blush-coral-pink-no-2

Untuk The Simplicity Flush Blush ini punya desain kemasan yang ngga jauh beda sama sama eyeshadow quad-nya. Peach, mungil, plastik, tanpa kaca, tanpa kuas. Cuma untuk blush ini kemasannya bundar. Eh btw, gue sih sebenernya ngarepin banget kalo produk-produk mungil ini ada kacanya juga, tapi yang gede gitu, jangan seukuran alis doang. Tapi mungkin bakal ngaruh ke harga kali ya.

review-esybabsy-you-makeups-the-simplicity-flush-blush-coral-pink-no-2


review-esybabsy-you-makeups-the-simplicity-flush-blush-coral-pink-no-2

Warna No. 02 atau Coral Pink adalah warna pink peach. Tapi nuansa peach atau orange muda-nya lebih banyak. Sebenernya bukan warna ini sih yang gue mau, pengennya agak ngepink dikit, cuma mirip-mirip gapapa lah ya.

Untuk pigmentasinya agak malu-malu. Ini spek-nya beneran buat pemula. Gue kan kalo dandan lebih seneng pake foundation atau BB cream aja, ga dilapis bedak lagi. Nah pas gue oles ke kulit yang dalam keadaan setengah 'becek' begitu, hasilnya pun masih agak sheer. Gue harus 'menggali' lebih dalam lagi supaya warnanya keliatan. Oh ya, ini blush ini hasilnya shimmer tapi pas udah dioles ke pipi, shimmer-nya ga terlalu nyata kok.

review-esybabsy-you-makeups-the-simplicity-flush-blush-coral-pink-no-2



SUPREME MATTE LIPSTICK

NO. 7 (CANDY)



review-esybabsy-you-makeups-supreme-matte-lipstick-candy-no-7

Supreme Matte Lipstick ini desain kemasannya beda lagi, karena berasal dari seri The Gold One. Versi eksklusifnya, harganya pun juga agak sedikit mahal dari seri The Simplicity. Untuk lipstik ini kemasannya berbentuk silinder hitam mate dengan detil keemasan di beberapa sudutnya. Dilengkapi juga dengan kotak berdesain sama. Jujur sih gue bilang desainya ini agak tua. Elegan but not my favorite. Cuma silindernya matte dan halus gitu, enak dipegang-pegang.

review-esybabsy-you-makeups-supreme-matte-lipstick-candy-no-7

review-esybabsy-you-makeups-supreme-matte-lipstick-candy-no-7

review-esybabsy-you-makeups-supreme-matte-lipstick-candy-no-7

Ujung bullet-nya berbentuk rata dengan cetakan huruf Y.O.U. di salah satu sisinya. Diameternya juga lumayan gede, jadi sepertinya nih ga gampang patah seperti lipstik-lipstik dengan bentuk setipe. Lalu ada aroma bunga yang soft dan samar banget. Kalo ga diendus banget ga bakal kecium.

Untuk hasil akhirnya adalah semi-matte. Walaupun ini diklaim sebagai matte lipstick, tetep aja menurut gue hasilnya ga se-matte liquid lip cream.

Ketika dioles di bibir, gue merasa bullet-nya itu agak keras dan seret, harus agak ditekan karena dia gak 'licin'. Jadi kalo elo pengen pake lipstik ini tipis-tipis, silakan pake cara ditepuk-tepuk aja. Meskipun begitu, rasanya di bibir tuh nyaman banget. Ringan kayak ga pake lipstik, ga berasa berat atau bikin bibir kering.

review-esybabsy-you-makeups-supreme-matte-lipstick-candy-no-7

Supreme Matte Lipstick ini punya sembilan varian warna yang semuanya terdiri dari warna-warna aman yang dipake sehari-hari, dari nude, pink, sape kemerahan. Cuma gue pilih satu aja yang warna Candy (No. 7). Warna ini adalah warna pink dengan undertone netral, warna pink sejati. Gue ragu apakah warna ini cocok dipake untuk yang memiliki warna kulit medium. Dan seperti biasa, semua lipstik pink di bibir gue lama kelamaan akan berubah jadi kemerahan setelah beberapa jam gue pake.

Untuk warna Candy ini pigmentasinya bagus, sekali oles warnanya langsung keluar. Sayangnya agak sedikit menggumpal dan bikin bibir keliatan kering banget (walaupun rasanya nyaman seperti yang gue bilang tadi). Daya tahannya juga kurang lama karena dipake makan sekali juga langsung pudar. Untuk warna-warna lain gue kurang tau, kalo beda shade kadang suka beda tekstur.

Oh ya, kalo mau beli lipstik ini secara online, gue saranin banget riset ke beberapa website, beauty blog, atau cari foto-fotonya ke Instagram, karena warna swatch resminya beda banget sama kenyataan. Kalo mau liat warna yang hampir mirip gue saranin ke IG-nya Lippielust.

review-esybabsy-you-makeups




Oh ya gue sempet bikin tutorial untuk makeup daily look menggunakan tiga produk ini. Silakan diliat kalo mau tau warnanya in real life.



Price List:
The Simplicity Eyeshadow Quad (Rp. 55.000)
The Simplicity Flush Blush (Rp. 45.000)
Supreme Matte Lipstick (Rp. 45.000)

Btw, gue ga jualan yaaa.



Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

No comments:

Post a Comment

Hi! Thanks for reading my blog! Please leave your thought in the comment section. But please do not leave any spam/link as I will not approve it. Thanks and have a nice day!

Latest Post

First Impression: Evershine Moringa Series