Monday, May 6, 2019

Review: Fanbo Ultra Satin Lipstick Semua Warna

fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

Post ini agak basi sih kayaknya. Ye gimana gak basi, Fanbo Ultra Satin Lipstick gue dapet mungkin hampir 6 bulan lalu. Udah sempet ngarang preambule segala tapi mentok, ujung-ujungnya masuk draft lagi, batal gue post. 

Anyway peluncuran lipstik ini di awal 2019 tuh udah kayak angin segar terutama buat yang kangen sama bentukan lipstik jadul yang nggak neko-neko. Kenapa gue bilang Fanbo Ultra Satin Lipstick ini jadul? Emang secara kemasan sih kece banget, gaya-gaya milenial masa kini gitu lah. Cuma bentukannya itu, baunya, pilihan warnanya, tipikal banget lah. Sesuai ciri khas Fanbo yang jadi merk kosmetik semua umur dari jaman dulu.


Fanbo sendiri adalah salah satu brand lokal tertua di Indonesia dan udah berdiri sejak tahun 1968. Btw, kamu tau gak kalo kosmetik Rivera juga berada dalam naungan perusahaan yang sama dengan Fanbo? Nggak tau? Ya makanya gue kasi tau. Soalnya gue juga baru tau. Kan nggak asik kalo gue tau tapi pura-pura gak tau trus elo gak gue kasi tau kan. Jadi supaya elo tau makanya gue kasi tau.

fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

Fanbo Ultra Satin Lipstick ini dikemas dalam kemasan lipstik model putar yang klasik dengan kombinasi warna putih dan pink. Jadi walaupun modelnya lipstik jadul, desain dan pemilihan warna kemasannya nggak malu-maluin. Pada bagian bawah lipstiknya terdapat plastik transparan yang menunjukkan warna lipstiknya. Nggak tau sih apakah ini isinya lipstik beneran apa bukan. Udah pernah gue coba karena penasaran tapi keras banget.

fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

Kalo masih baru, lipstik ini akan dikemas dalam segel plastik yang sebenarnya berisi informasi penting seperti komposisi bahan dan nama shade. Jadi begitu dilepas ya babay gudbay deh. Soal nama shade ini, terus terang gue saru banget liatnya dan berbulan-bulan kemudian gue baru nyadar kalo masing-masing shade punya nama sendiri, bukan sekedar No 1, 2, dst. Tapi nama shade ini gue rasa hanya akan tinggal cerita karena cuma tercetak pada segel plastik. Sedangkan pada bagian bawah lipstik hanya tercetak nomor shade-nya.

Perkara telat nyadar ini sebenernya bukan hal baru buat gue karena dulu pas SMA gue baru sadar kalo sekolah gue punya dua kantin pas gue udah mo lulus. #miris


fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy


Lipstik ini punya aroma kayak lipstik jaman dulu yang agak-agak tengik gitu. Well, bukan tengik kayak lipstik kadaluarsa ya, tapi lebih mirip bau lilin. Ada wanginya meskipun samar banget. Jadi kalo pas baru beli dan elo curiga lipstik ini udah gak bagus lagi karena baunya, cek dulu tanggal kadaluarsanya yang tercetak jelas pada bagian bawah kemasan.

Untuk pemilihan warnanya sih gak aneh-aneh, semuanya antara warna wanita baik-baik atau warna ibu-ibu. Tinggal elo pilih mau jadi karakter seperti apa. Paling ada satu sih warna yang agak bold nyentrik dikit gitu yaitu No. 7 yang ungu gelap.

Berikut swatch warnanya di tangan gue secara berurutan dari No. 1 sampe No. 8 dari kiri ke kanan. Ada dua versi ya, pake flash kamera dan natural lighting. Btw, kalo elo ngerasa warnanya mirip-mirip, langsung skip aja ke penjelasan warna di bawahnya.


fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy
Natural lighting

fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy
With camera flash


Untuk lebih jelas, gue bakal jelasin satu persatu soal warnanya.






fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

NO. 01 (PROM QUEEN) ini adalah warna merah sejati yang khas warna emak-emak banget. Nggak ada undertone apa-apa, pokoknya merah lah. Pigmentasinya oke banget dan gampang rata dalam sekali oles.


fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

NO. 02 (NERD) adalah warna merah kakaknya Prom Queen. Merah gelap tapi nggak cukup gelap untuk dikategorikan sebagai merah hati. Yang ini pigmentasinya sama oke dengan adeknya.




fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

NO. 3 FEMININE. Kalo diswatch di tangan warna ini sekilas kayak coklat nude tapi pas di bibir gue warnanya jadi coklat peach. Sama nude-nya tapi lebih condong ke peach. Warna ini aman banget dipake untuk acara-acara kasual. Pigmentasinya juga bagus dan gampang rata.



fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

NO. 04 (ADVENTUROUS) adalah merah kecoklatan. Yang ini warnanya pas di swatch di tangan juga nggak terlalu gelap tapi di bibir gue jadi merah gelap dengan hint coklat. Tapi gue rasa cocok banget buat yang mau pake lipstik merah tapi nggak mau keliatan terlalu menyala.




fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

NO. 05 (FASHIONISTA) adalah warna coklat yang keren banget. Shade ini pas nggak kepucetan tapi nggak bold juga. Ada sedikit hint peach tapi lebih banyak coklatnya. At least kalo kulitmu medium dan pengen pake warna nude, Fashionista ini bisa jadi pilihan. Pigmentasinya juga bagus dan gampang rata.




fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

NO. 06 (INNOCENT) adalah warna coklat peach. Mirip kayak warna No. 3 tapi lebih muda dan lebih banyak unsur peach-nya. Kalo kamu pengen beli No. 3 tapi keabisan, warna ini bisa jadi pilihan. Untuk pigmentasinya harus perlu dua kali oles untuk menutup warna asli bibir, tapi gampang rata juga kok.



fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

NO. 07 (OSSESSIVE) adalah warna merah keunguan. Ungunya lebih ke ungu anggur, bukan ungu terong. warna ini yang paling bold di antara semuanya. Pugmentasinya oke dan gampang rata.



fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

NO. 08 (AMBITIOUS) adalah warna pink peach, tapi lebih banyak peach-nya. Warna ini paling muda di antara semuanya. Di gue warna ini agak pucat dan kurang bisa rata. My least favorite sih. Tapi warna ini bisa banget dijadiin dasar dari ombre lips.


And finally, final swatch on my face. Muka gue jadi alus banget soalnya pake beauty cam. Nyaaahahahaha. Tapi tenang saja, warna swatch-nya Insya Allah mirip dengan aslinya.


fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy


fanbo-ultra-satin-lips-semua-warna-review-esybabsy

Gimana menurut kalian, mana warna yang kalian suka dari kedelapan warna itu? Kalo menurut elo warnanya mirip-mirip, gue pun seperti itu. Kalo warnanya banyak yang mirip gini ada enaknya, jadi kalo elo keabisan warna tertentu, bisa beli warna lain yang agak mirip. Toh kalo diperhatiiin dari jauh juga ngga terlalu ngaruh banget sih.

Untuk pigmentasi dari semua lipstik ini oke sih, cuma ada satu doang No. 8 yang agak patchy, susah diratain. Kalo dioles jadi bergaris gitu loh. Trus warnanya juga kepucetan untuk dipakai tersendiri.

Tekstur dari Fanbo Ultra Satin Lipstick ini buttery banget, gampang dioles. Nggak perlu jago makeup dulu untuk bisa pake lipstik ini dengan bagus karena emang gampang banget dipakenya. Kadang suka ada yang kagok kan kalo pake matte lip cream. Kalo gue pake lipstik ini pun bisa tanpa ngaca.

Yang gue kurang suka, lipstik ini kurang nyaman dipake. Rasanya berat dan 'minyakan' banget. Jadi terasa banget kalo kita lagi lipstikan. Aroma 'apek'-nya ini juga terasa ke area mulut. Pokoknya menurut gue nggak nyaman.

Daya tahannya lumayan. Mengingat ini lipstik creamy biasa, gue sih maklum yah. Dipake makan berminyak atau berkuah sekali ya langsung luntur. Tapi karena lipstik sifatnya buttery, gampang banget kalo mau touch-up lagi dan nggak menggumpal.

Kelebihan:
  • Warnanya aman-aman
  • Tesktur creamy, nggak bikin kering
  • Kemasan praktis
  • Gampang buat di touch up
  • Harganya relatif terjangkau
Kekurangan:
  • Aromanya seperti lipstik jadul, agak apek
  • Kurang nyaman dan terasa berat
  • Pilihan warnanya kurang variatif
  • Beberapa warna mirip-mirip
  • Daya tahannya biasa aja
Fanbo Ultra Satin Lipstick ini udah banyak sih dijual di mall-mall seperti di Guardian atau Naughty. Kalo beli online-nya bisa cari Fanbo Cosmetics di beberapa E-Commerce seperti Tokopedia atau Shopee. Harga resminya adalah Rp. 41.000 per buah.





2 comments:

  1. Merahnya juga merah jadul gitu ya, persis yang dipake sama mamaku dari dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya merahnya aku bilang ala ibu2 pengajian gitu deh

      Delete

Hi! Thanks for reading my blog! Please leave your thought in the comment section. But please do not leave any spam/link as I will not approve it. Thanks and have a nice day!

Latest Post

First Impression: Evershine Moringa Series