Monday, April 15, 2019

Review: Maybelline Super Stay Matte Ink in Pioneer, Seductress, and Inspirer

MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY

Sudah berakhirkah masa hype Maybelline Super Stay Matte Ink ini? Kayaknya lip cream ini udah wara-wiri dari setahun lalu dan direview oleh banyak beauty blogger. Dan gue sebagai orang yang kurang hype, baru review sekarang. 

Sebenernya gue ogah beli lipstik lagi, sumpah itu laci gue udah mau tumpah saking banyaknya (kutidak pongah ya gaes....), tapi yaelah, mana bisa gue nggak nengok kalo racunnya terus ada di internet. Apalagi pilihan warnanya buanyak banget, nggak cuma 3-5 warna gitu. Seolah ngerti banget kalo cewek tuh karakternya ada yg malu-malu, ada yg cewek banget, ada juga yg rada somplak otaknya, jadi pilihan warnanya tuh lengkap dari yang wajar sampe ngga wajar.




Maybelline Super Stay Matte Ink ini adalah produk yang sudah masuk ke counter resmi di Indonesia. Awalnya cuma ada 10 warna, trus diluncurkan lagi 14 warna baru. Totalnya jadi ada 24 warna. Harga ritel menurut website resminya adalah Rp. 115.000. Gue belinya di online shop, cuma lupa berapa harga persisnya. Kalo ngga salah sih sekitaran itu juga. Dan karena udah liat harga di website resminya juga, gue jadi males beli kalo ada olshop jual dengan harga jauh lebih mahal.

MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY


KEMASAN

Lip cream ini gak ada kotaknya, cuma botol tanpa segel plastik. Indikasi kalo produknya masih baru adalah stiker barcode (plus ingredients list) yang nyambung ke tutup. Jadi kalo stiker ini udah kepotong/robek, berarti produknya udah pernah dibuka. Botolnya terbuat dari plastik tebal berbentuk balok. Lucu juga sih karena lip cream rata-rata botolnya silinder. Tutupnya berwarna putih dengan logo Superstay Matte Ink gede-gede. Warna botolnya sendiri ngikutin jenis shade-nya dan asli emang 99% mirip banget sama shade di dalemnya. 

Kemasannya ini kokoh, bukan jenis plastik yang gampang pecah kalo kebanting. Ukurannya juga lumayan gede sih walaupun isinya cuma 5ml. Untuk ukuran botol segede gini gue ngarep isinya lebih banyak, misalnya jadi 1 liter. Tapi ntar bakal lama ngabisinnya. Dan sapa juga yang mau minum.


MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY

Pada salah satu sisi botolnya ada informasi lengkap berupa no BPOM dan nama perusahaan yang memproduksi, lip cream ini diproduksi di Cina. Untuk tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsa tercantum pada tutupnya. Produk ini tidak punya masa PAO (Period After Opening) jadi kamu cukup memperhatikan tanggal kadaluarsanya saja.

Untuk bagian dalamnya botolnya, ada dua jenis. Yang satu warnanya senada dengan botol, ada juga yang warnanya putih. Jadi belang gitu. Tapi no worry  karena ini cuma beda kemasan. Gak usah takut palsu.

Btw sorry kalo penjelasan gue soal kemasan ini agak lebih panjang dari biasanya karena Maybelline Super Stay Matte Ink ini udah mulai banyak palsunya. Gue ngga punya versi palsunya, males juga sih beli. Tapi kalo mau make sure silakan baca aja deskripsi gue dan bandingin fotonya dengan produk milik kalian.

MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY

MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY

MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY

APLIKATOR

Bentuk aplikatornya seperti hati dengan lubang di tengah. Gue suka bentuk aplikator model gini. Dibanding bentuk doe-foot biasa, aplikator gini bisa lebih gampang dipake, lebih cepet rata, dan gak perlu celup produk berkali-kali. Bantalannya juga empuk dan enak dipake. Kalo beli aplikator lip cream yang sekali pake, gue juge lebih seneng pake yg heart-shaped seperti ini.


MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY


Nah, seperti yang udah gue bilang kan kalo produk ini ada 24 jenis shade, cuma kan gue bukan orang yang tamak (atau gak punya cukup duit) buat borong semua warna. Jadi gue beli 3 warna yang masuk ke dalam jenis warna manusia normal: nude brown, soft pink, dan merah darah anak ayam. Pokoknya kalo bingung milih lipstik yang pilihan shadenya banyak, biasanya gue beli ngga jauh dari tiga warna ini.


MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY



THE COLORS


MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY

SEDUCTRESS adalah warna nude brown dengan cool undertone. Tipikal warna MLBB yang nggak pernah salah dipake dalam berbagai kesempatan, favorit gue banget. Sayangnya menurut gue warna ini agak pucat untuk yang berkulit medium, kecuali kalo warna asli bibirmu sudah pink.







MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY

INSPIRER adalah warna soft pink dengan cool undertone yang pas, nggak kemudaan atau ketuaan. Ada sedikit sentuhan warna mauve juga tapi masih banyakan pink-nya. Warna ini cakep dipake untuk kulit medium ataupun terang. Tapi pas gue pake, lama kelamaan akan teroksidasi dan berubah jadi pink-orange, I don't know why, lipstik pink di gue selalu teroksidasi.


MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY

PIONEER adalah warna merah terang yang, menurut mata gue, punya undertone cool. Warna yang menurut gue gorjess banget, cantik, mewwah (iya, W-nya dobel), berkelas, mahal, gitu deh. Warna ini punya daya stain yang kuat meski sudah dihapus dan masih meninggalkan sedikit noda di peralatan makan.


MAYBELLINE-SUPER-STAY-MATTE-INK-PIONEER-SEDUCTRESS-INSPIRER-REVIEW-ESYBABSY

TEKSTUR & HASIL AKHIR

Tekstur Maybelline Super Stay Matte Ink ini kental banget. It's sooo very thick. Aromanya ada bau-bau vanilla yang manis tapi masih ada sedikiiiit banget aroma kimia. Jadi nyampur gitu baunya walau nggak terlalu mengganggu. Walaupun begitu, ngesetnya cepet banget, nggak sampe semenit langsung kering. Begitu kering dia akan langsung tak tergeserkan, kissproof, dead matte (kecuali warna Pioneer), dan awet banget asal nggak dipake makan makanan berkuah/berminyak.

Sifatnya yang awet banget dipake seharian ini ada plus-minusnya sih. Plus-nya yaaa you know lah, tahan banting dipake makan kayak apa juga. Tapi minusnya di jadi rada susah pas dihapus. Udah gue pakein makeup remover yang mengandung minyak bahkan sampe pake face oil, tetep aja masih susah ilang.

Seperti pada umumnya matte lip cream, produk ini juga so pasti bikin kering. Cuma yang satu ini agak mendingan efeknya. Selama dipake pun rasanya nyaman, nggak bikin kulit bibir kayak 'ketarik' atau berkerak. Cumaaa, ya tetep ada tapinya, lip cream ini akan terasa lengket walaupun udah kering. Kalo bibir ga dikatup-katup sih nggak terasa, tapi pas dikatup emang berasa lengket. Mungkin sensasi lengket ini yang bikin bibir terasa lebih nyaman? 

Untuk hasil akhirnya, warna Pioneer ada di urutan terbawah dari ketiga warna ini. Dia agak susah diratain walau nggak terlalu keliatan kalo udah dipake di bibir, kecuali kalo kamu pelototin dari deket. Pioneer juga punya hasil akhir yang nggak terlalu dead matte, masih nempel dikit. Sedangkan untuk warna Seductress dan Inspirer punya hasil akhir yang smooth dan gampang banget ratanya. Tapi untuk pigmentasi, tiga warna ini punya kualitas yang keren banget. Sesuai klaimnya, nggak perlu dicelup berkali-kali untuk bisa mewarnai seluruh bagian bibir.

OVERALL

Lip cream ini oke banget, jadi salah satu lip cream favorit gue saat ini terutama warna Seductress yang bisa bikin muka seger tanpa harus mencuri perhatian. Produk ini awet banget dipake seharian cuma aja harus tahan sama sensasi lengket di bibir selama pemakaian. 





4 comments:

  1. Mak, ini lipen bisa diombre gak sih? Soalnya kan ngeringin dan teramat waterproof yah. Kalo bisa, bikin tutorialnya dongs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bgt sih diombre. Aku suka ombre yg oink sama merah. Pake cotton bud aja ngeblend-nya

      Delete
  2. aku justeru naksir sama yang pioneer hehe. kalo dipakai tipis-tipis gitu masih oke kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok. Aku suka pake ini buat ombre lips 😁

      Delete

Hi! Thanks for reading my blog! Please leave your thought in the comment section. But please do not leave any spam/link as I will not approve it. Thanks and have a nice day!

Latest Post

First Impression: Evershine Moringa Series