Friday, April 5, 2019

Review: Avoskin Miraculuous Refining Serum

Hai para pembaca yang budiman,

Karena ini adalah post pertama gue soal chemical exfoliation, sebelom gue bahas soal Avoskin Miraculous Refining Serum ini, gue mau ngomong dikit soal pengelupasan kulit. Daaan beberapa poin penting soal kondisi kulit gue. Jadi gue berharap kalian bisa baca kata-kata pembuka ini dulu ya. It's important.

Apa itu Chemical Exfoliation?

Tiap hari pasti ada bagian dari kulit kita yang mengelupas, jadi kulit mati dan terbang ke udara (halah...). Sebagian kulit mati itu ada yang tetap tinggal di wajah kita dan menumpuk di sana. Perlu gak sih kulit mati ini dibersihkan? Nggak sih, nggak dosa juga. Tapi kalo rajin dibersihkan, kulit akan tampak lebih cerah karena kamu sudah melenyapkan lapisan 'tidak penting' yang nangkring di atas wajahmu. Skincare yang kamu pake juga akan bekerja lebih efektif. Sayang aja kalo kamu udah beli skincare mahal-mahal, tapi masih banyak kulit mati yang menghalangi kerja produk-produk itu.



Ada dua jenis cara pengelupasan kulit yang bisa kita lakukan, dengan cara physical dan chemical. Kalo physical itu dilakukan secara fisik, misalnya dengan produk-produk peeling/scrubbing, sikat wajah, microdermabration, dll. Sedangkan chemical exfoliation dilakukan dengan produk-produk yang mengandung acid/asam.

Ada tiga komposisi bahan yang umum digunakan untuk chemical exfoliation yaitu AHA, BHA, dan PHA. Catatan tentang ketiga bahan ini bisa kamu cari di internet, banyak banget infonya. Make sure kamu dapetin dari sumber yang kredibel. Tapi sedikit info aja, AHA itu untuk kulit kering, BHA untuk kulit berminyak/berjerawat, dan PHA untuk kulit yang sensi karena ukuran molekul-nya yang lebih besar dibanding AHA atau BHA.

My skin background story

Nah, sedikit cerita juga soal kondisi kulit gue. Kondisi kulit gue itu normal cenderung kering. Bisa dibilang kulit gue udah mulai kenal dengan skincare yang terkonsentrasi pada masalah kulit tertentu. Bukan lagi pake skincare awam yang biasa dibeli di supermarket. Cuma masalahnya gue sama sekali belom pernah nyobain produk chemical exfoliation.

Sebagai perkenalan awal, gue coba cari chemical exfoliator yang mengandung AHA karena kebetulan kulit gue kering dan dari sumber yang gue baca, AHA lebih lembut dari BHA. Pertama-tama gue pake berupa toner AHA. Pakenya hanya di malam hari sebanyak 3x seminggu (selang-seling).

Setelah 2 bulan pake toner itu dan merasa baik-baik saja, gue merasa sedikit aman untuk upgrade ke produk dalam bentuk serum yang mengandung AHA, dalam hal ini gue cobain Lactic Acid 5% + HA. Makenya selalu bareng dengan toner AHA tadi. Untuk mencegah biar kulit gue gak tambah kering, gue imbangi dengan pemakaian mask sheet dan pelembab ekstra. Cara pakenya pun masih sama, malam hari saja, 3x seminggu selang-seling. Maen aman gue bro...

Setelah sekitar 1 bulan lamanya nyobain produk yang mengandung AHA, gue merasa kok ngga ada perubahan berarti di kulit gue. Di situ gue baru mikir, kayaknya kulit gue butuh produk yang lebih 'kuat' lagi, dalam hal ini adalah BHA. Jadi pas banget pas nyari serum dengan kandungan BHA, gue dikirimin Avoskin Miraculuous Refining Serum ini untuk keperluan review, yang mana juga hasil kerjasama dengan Komunitas Beauty Blogger & Vlogger sebagai perantara.

Jadi begitulah, Bambang Kustadi, sedikit sejarah kulit gue. Gue start dari yang paling mild dulu, lalu tingkatannya dinaikin perlahan-lahan. Ngga tau penting apa ngga cerita ini gue share, tapi kayaknya penting sih. Soalnya chemical exfoliant bukan produk yang bisa dipake sembarangan.

Baik, gue rasa bisa kita mulai review.




review-avoskin-miraculuous-refining-serum-esybabsy


Avoskin Miraculuous Refining Serum adalah serum yang berfungsi sebagai chemical exfolatior. Produk ini diklaim memiliki kandungan 10% AHA, 3% BHA, 2% Niacinamide, dan Ceramide. AHA dan BHA udah gue jelasin di atas fungsinya apa. Sedangkan Niacinamide berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan membantu memudarkan bekas jerawat, komposisi ini sering kamu dapati pada produk yang memiliki fungsi mencerahkan kulit. Kalau Ceramide sendiri adalah komposisi yang berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit.

Jadi kalo dilihat dari key ingredients-nya aja, jelas kalo produk ini selain berfungsi sebagai serum eksfoliator, juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan tetap terjaga kelembapannya.


Untuk kandungan AHA yang digunakan pada produk ini adalah asam Glycolic yang baik untuk merawat bekas jerawat, noda kehitaman, dan sebagai anti ageing. Sedangkan kandungan BHA yang digunakan adalah asam Salicylic yang merupakan musuh besar bagi jerawat. Cara kerja asam Salicylic adalah dengan membuka pori-pori yang menyumbat tempat bersarangnya bakteri penyebab jerawat.

Jumlah yang efektif dari AHA untuk chemical exfoliation adalah 10% maksimal, dan BHA sekitar 4%. Berapa jumlah yang efektif akan berbeda-beda bagi tiap individu. Tergantung dari jenis kulit, tingkat keasaman kulit, usia, dan gaya hidup.


review-avoskin-miraculuous-refining-serum-esybabsy


KEMASAN

Avoskin Miraculuous Refining Serum ini dikemas dalam botol pipet terbuat dari kaca frosted tebal yang berwarna coklat gelap. Ukuran botolnya lumayan kecil dan cukup ringan walau terbuat dari kaca, jadi lumayan travel friendly juga. Gue suka botol gelap begini karena menjamin isinya aman dari sinar matahari. Kualitas pipetnya juga cukup baik dengan bantalan karet yang empuk. Serum ini ada kotaknya yang berwarna senada dengan botol, cuma pas gue terima wujudnya udah nggak photogenic lagi, jadi cuma gue foto bagian-bagian yang penting aja.

KOMPOSISI

Water, Propylene Glycol, Glycolic Acid, Niacinamide, Salicylic Acid, Butylene Glycol, Amylopectin, Xanthan gum, Dextrin, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Fucus Vesiculosus Extract, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Acer saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Oleracea Extract, Hydroxypropyl Bisstearamide MEA, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Triethanolamine, Dipropylene Glycol, Behenyl Alcohol, Ceteareth-20, Cholesteryl Isostearate, Tricaprylin, Cetearyl Alcohol, Squalane, Cholesterol, Stearic Acid, Dimethicone, Phenoxyethanol. 


review-avoskin-miraculuous-refining-serum-esybabsy

review-avoskin-miraculuous-refining-serum-esybabsy
review-avoskin-miraculuous-refining-serum-esybabsy


review-avoskin-miraculuous-refining-serum-esybabsy

review-avoskin-miraculuous-refining-serum-esybabsy

TEKSTUR

Tekstur Avoskin Miraculuous Refining Serum ini kental seperti gel. Warnanya bening-bening butek gitu loh. Aromanya rada asem kayak bau acid/citrus, tapi menurut gue sih asemnya segar. Nggak bikin pusing. Begitu dipake rasanya licin seperti halnya kalo pake produk dalam bentuk gel. Tapi dia cepat meresap dan setelah meresap nggak akan ada rasa lengket sama sekali.

HOW I USE IT

Langkah-langkah gue pake ini adalah seperti ini. Btw yang penting-penting adalah step yang gue kasi highlight. Selain itu boleh di-skip:
  1. Exfolitating toner (AHA toner).
  2. Pre Essence
  3. Avoskin Miraculuous Refining Serum
  4. Mask Sheet
  5. Krim malam
Penggunaan mask sheet pada langkah ke-4 adalah sebagai antisipasi biar kulit gue nggak kering, jadi sebagai extra moisturizer.

Langkah-langkah tersebut HANYA gue pake pas malam hari diselang-seling. Misalnya malem ini pake, malem besoknya ngga. Pada malam-malam gue absen pake produk ini, muka gue akan digempur dengan hydrating toner, serum-serum lain, dan pelembab wajah yang bersifat extra moisturizing. Jadi gue emang ambil banyak langkah antisipasi untuk mencegah iritasi kulit karena produk ini.

Pada siang hari gue nggak terlalu rajin pake skincare karena malas sekaleee dan lengket. Paling cuma pake toner dan pelembab. Tapi gue gak pernah absen pake sunscreen karena muka yang kena exfoliating products akan lebih sensi dengan cahaya matahari. Sunscreen ini akan gue re-apply setiap abis wudhu.

Kalo ditanya, apakah repot harus timpa sunscreen lalu pake makeup lagi? Kalo gue sih timpa aja pake sunscreen langsung, tapi nggak apply makeup lagi. Emang paling bener sih hapus makeup dulu baru apply sunscreen dan makeup-an dari awal. Tapi masih banyak lah yang lebih penting untuk dikerjakan.

SETELAH 2 DAN 4 MINGGU


review-avoskin-miraculuous-refining-serum-esybabsy


Pada hari pertama pemakaian, paginya gue menemukan banyak sisa kulit mati di area wajah. Langsung gue cuci muka pake peeling gel. Tapi ini cuma pas hari pertama doang sih, selanjutnya ngga ada lagi. Setelah itu progress-nya bisa kamu lihat sendiri. Beberapa noda yang gue lingkarin perahan memudar walau belum hilang sepenuhnya. Btw, untuk foto before gue memang memakai kosmetik tapi seluruh kulit wajah gue bener-bener gak pake makeup ya.

review-avoskin-miraculuous-refining-serum-esybabsy


Kemudian untuk progress setelah 4 minggu kayaknya ngga terlalu jauh beda dengan yang 2 minggu. Pas gue ambil foto minggu ke-4 itu kebetulan lagi jerawatn (lihat lingkaran). Pas gue pakein serum ini paginya sih langsung kempes.

Yang jelas ini kesimpulan setelah gue mencoba Avoskin Miraculuous Refining Serum:
  • Noda bekas jerawat dan kehitaman mulai memudar, memberi ilusi seolah kulit wajah gue terlihat lebih cerah.
  • Wajah terasa lebih halus karena pori-pori terlihat mengecil.
  • Tampilan muka kelihatan glowing sehat, bukan glowing minyakan.
  • Yang jelas serum ini terus mempertahankan kondisi kulit gue pada status normal (yang tadinya normal-kering).
Kemudian dari beberapa review yang gue baca, ada yang merasakan sensasi perih ketika serum ini diaplikasikan. Gue sendiri pernah merasakan hal itu. Jadi gue pernah keluar rumah siang bolong pas lagi panas-panasnya, udah lengkap pake day cream ber-SPF plus ditambah sunscreen. Pulangnya gue merasa muka gue gosong. Trus malemnya pas skincare-an muka gue rasanya panas kena produk skincare. Bukan pas kena serum ini aja sih. Jadi sepertinya exfoliating serum ini akan gue hindari kalo gue pergi liburan karena muka jadi over sensitif dengan cahaya matahari. Tapi selain dari kejadian itu sih gue nggak pernah merasakan sensasi perih sama sekali.

Yang perlu diperhatiin bahwa kondisi kulit orang beda-beda ya. Kalo kalian baca post gue dari atas, gue udah jelasin tuh kondisi kulit gue seperti apa plus caranya gue pake seperti apa. Gue beruntung karena sudah langsung menemukan cara pakai yang pas pada percobaan pertama. Jadi kamu yang penasaran sama serum ini, harap kenali dulu kondisi kulitmu, dan cari takaran yang paling pas buat sampeyan. Kalo kalian mau belom yakin tapi penasaran, bisa dibaca review dari Hani Nur di sini dan di sini. Sampe ada dua part loh reviewnya. Kurang detil apa coba.

Avoskin Miraculuous Refining Serum ini dijual dengan harga retail Rp. 219.000 untuk isi 30 ml. Gak usah kuatir ini merk gak jelas. Avoskin itu merk lokal, sudah terdaftar di BPOM, udah terdaftar di PETA sebagai produk cruelty free juga. Untuk belinya bisa langsung ke www.avoskinbeauty.com. Di website itu kamu juga bakal nemuin reseller yang paling dekat dengan lokasi pengiriman ke tempatmu.

Btw, produk ini juga ada versi toner-nya loh, Avoskin Miraculuous Refining Toner. Cuma toner AHA gue yang sekarang belom abis sih jadi sayang mau beli. Ntar kalo udah sempet nyoba dan dikombinasikan dengan serumnya, akan gue review yaaa.



26 comments:

  1. Gw juga mirip lo mak, selain chemical jg phisical exfoliating juga pake st ives. Demen bats gw hasilnya 😍

    ReplyDelete
  2. aku ga sanggup mak kl double exfo hahaha bisa makin tipis kulit eike tapi serumnya asli bagus banget

    ReplyDelete
  3. Ih senengnya bisa bersihin noda hitam! Produk ini di aku kurang bekerja fitur bersihin noda itemnya :( Ngaruh di pori-pori tapi tehehehe

    ReplyDelete
  4. aku cobain tonernya cocok, sekarang jadi penasaran sama serumnya

    ReplyDelete
  5. Mantul banget ya hasilnya, wajah jadi lbh cerah

    ReplyDelete
  6. bekas jerawat memudar adalah hal paling membahagiakan, iya gak sih kaak wkwk aku belum bersih banget sih tp udah seneng karena nemu yg cocok XD

    ReplyDelete
  7. Makin kinclong ye mak hasilnya, aku juga sukak bget ama serum ini

    ReplyDelete
  8. Enaknya gak ada sensasi cekit-cekit, cocok berarti ya di kamu. Hasilnya juga keliatan bagus

    ReplyDelete
  9. kulitmu tahan banting juga ya mak udah chemical peeling masih ditambah physical peeling juga
    tapi usaha memang tidak akan membohongi hasil mak
    kulitku terlihat sehat

    ReplyDelete
  10. Bambang Kustadi itu siapa mbak? XD
    Iya sih ya, harus tau takaran yang pas buat kulit sendiri. trial n error dulu supaya berakhir bahagia

    ReplyDelete
  11. Iya, loh. Progresnya nyata.

    Emang bener, ya. Pake Avoskin Miraculous Refining Serum bikin jerawat cepet kering.

    ReplyDelete
  12. Berarti serum ini juga ampuh buat ngempesin jerawat ya, mantteeeppp..

    ReplyDelete
  13. Aku sudah cobain toner dan suka, jadi penasaran sama serumnya

    ReplyDelete
  14. Sukanya sama avoskin ini setrlah make serumnya jerawat langsung kempes, yg mau tumbuh gk jadi nongol dong

    ReplyDelete
  15. Pakai serum ini memang memperbaiki tekstur wajah aku juga 😍 kulit jadi lebih cerah dan pori2 mengecil.. suka banget sama serum ini..

    ReplyDelete
  16. Iya bener, abis pakai ini bekas jerawat jadi gampang pudar

    ReplyDelete
  17. wah lumayan ngefek ya serumnya di kamu kak 😍

    ReplyDelete
  18. Wah aku suka banget sama serum ini mak. Apalagi kalo di pake berbarengan sama tonernya. Mukanya mbak disini jadi cerah

    ReplyDelete
  19. Aku suka bgt sama serum ini. Bener2 bisa bikin komedo enyah 😍

    ReplyDelete
  20. AHA emang lebih buat kulit kering ya dari berbagai macam info, tapi bukan berarti pemilik kulit kering gak boleh pakai BHA yang lebih disarankan untuk kulit berminyak. Aku sih kadang gak terlalu memperdulikan tulisan untuk kulit kering/berminyak di produk.

    Aku yang paling disuka dari serum ini bikin permukaan kulit halus :)

    ReplyDelete
  21. Kirain kalau mau pake exfoliator setelah pake sheet mask, ternyata kebalik ya..

    ReplyDelete
  22. Wah kak Esy pakai dua produknya sekaligus yaa, serum dan toner. Itu jadi over exfoliasi nggak sih kak? Aku soalnya tergoda banget untuk cobain serumnya setelah cocok pakai si tonernya. Soalnya di kak Esy hasilnya bagus banget lhooo

    ReplyDelete
  23. Kalau di bandingkan dengan serumnya, jujur aja sih aku lebih suka sama serumnya dibandingkan dengan tonernya.

    ReplyDelete
  24. Salah satu produk lokal yang bikin penasaran. Seteh dicoba terbyata purging diawal tapi emang bikin tekstur kulit wajah aku halus dan lebih cerah

    ReplyDelete
  25. Cerahnya dapat banget sih ini dan memudarkan bekas jerawat ya ka esy.

    ReplyDelete
  26. berarti bisa ngilangin flek ma kusam ya mbak.. .

    ReplyDelete

Hi! Thanks for reading my blog! Please leave your thought in the comment section. But please do not leave any spam/link as I will not approve it. Thanks and have a nice day!

Latest Post

First Impression: Evershine Moringa Series