Thursday, November 26, 2015

Tutorial: Cut Crease Eye Make Up


Hallo!

Tutorial ini gue bikin bukan atas request siapa-siapa. Ya emang gue aja yang ke-geer-an pengen bikin, selain karena emang lagi ga mood juga buat review produk. Jadi buat kalian yang pengen tahu gimana cara bikin cut crease seperti di gambar atas, silakan scroll terus sampe bawah ya..


Gambar alismu serapi mungkin lalu aplikasikan eye primer di seluruh kelopak mata.


Gambar garis di lipatan mata menggunakan gel eyeliner warna hitam, cukup kamu temukan ruang kosong di atas bola matamu. Di situ lah tempat yang tepat untuk menggambar garis ini.
 Bentuk garisnya suka-suka kamu aja. Bentuk yang umum adalah setengah lingkaran dan huruf 'S' seperti yang saya gambar di atas. 


Menggunakan blending brush kecil, aplikasikan eyeshadow coklat tua di atas garis tadi. Sambil dibaur juga ya supaya garisnya hilang dan menyatu dengan eyeshadow.


Biar lebih smooth, blend lagi dengan blending brush yang lebih besar sampai ke bagian tulang alis.


Karena setelah di blend warnanya akan sedikit pudar, aplikasikan lagi eyeshadow coklat tua (atau hitam kalo mau lebih cetar). 

*gue sering bolak-balik antara mengaplikasikan eyeshadow dan membaurnya lagi. Pokoknya sampe ketemu hasil yang diinginkan aja.


Aplikasikan eyeshadow krim warna putih dan dirapikan dengan kuas concealer. Di sini gue memakai NYX Jumbo Eye Pencil warna Milk. Kalo ga punya, bisa juga diganti dengan pensil eyeliner putih merk apa aja. Dan kalo udah pake pensil kecil mah, gak perlu pake kuas concealer lagi.


Aplikasikan eyeshadow warna bronze di seluruh kelopak mata. Sisakan seuprit ruang di bagian tengahnya.


Isi bagian tengah kelopak mata dengan eyeshadow warna gold. Jangan lupa di blend sehalus mungkin dengan warna bronze tadi.


Aplkasikan eyeliner dengan bentuk sesukamu. Di sini saya bikin bentuk model wing karena udah jadi reflek tangan saya. Hehehe. Tapi kalo males, digaris biasa aja juga cukup sih. Kan eyeshadow-nya udah heboh.


Pake bulu mata palsu. Kayaknya kalo cut crease model begini, kurang pantes kalo ga pake bulu mata palsu. Ntar hasilnya kebanting. Jadi saya gak bisa bilang ini optional, tapi wajib. 
Sebelum pake bulmat. Jangan lupa jepit bulmat asli kamu lalu aplikasikan maskara. Culunnya, di sini saya lupa melakukannya,


Untuk bagian bawah mata, aplikasikan eyeshadow warna coklat tua lalu tumpuk dengan eyeliner gel hitam. Kemudian smudge keduanya menggunakan pencil brush, or any brush you find suitable.


Aplikasikan eyeshadow silver di ujung dalam mata. Jangan lupa pake maskara di bulmat bagian bawah. Atau mau ditambahin bulmat palsu lagi pun boleh. Tapi waktu itu saya lagi males.


Tambahkan highlight di tulang alis kamu dengan eyeshadow warna putih pearly. Selesaid deh!


Hasil akhirnya kira-kira jadi begini bro:


Product used:
  1. Maybelline The Nudes Palette
  2. Etude House Easy Brow Pencil (Dark Brown)
  3. ELF Cream Eyeliner in Black
  4. Inez Loose Eyeshadow (Sparkling Silver) for the inner corner
  5. NYX Jumbo Eye Pencil Milk
  6. NYX Eyeshadow Base (White)
  7. And some cheap unbranded lashes

I love cut crease eye makeup, karena dibanding smokey eyes, I think cut crease punya variasi gaya yang lebih banyak. Gaya cut crease di post ini adalah yang paling basic, warnanya pun gue pilih yang paling netral. Ada banyak variasi cut crease lain yang bisa kalian pilih sendiri, baik itu dari variasi bentuk garisnya, warna, bahkan sampe selebar apa cut crease yang kamu mau. Yang pasti riasan model begini bikin mata kamu keliatan ih gede banget,

Sebelum post ini gue akhiri, silakan diliat beberapa vaiasi cut crease yang pernah gue buat selama beberapa bulan terakhir. Pamer ceritanya. Eh iya, please ga usah heran kalo kalian menemukan banyak ketidakkonsistenan bentuk alis di gambar-gambar berikut. Karena kalo soal alis, keindahan bentuknya emang tergantung banget dari seberapa oke mood gue saat menggambarnya. Dan seberapa fit fisik gue hari itu.