Thursday, January 22, 2015

Tutorial: How To Open Your Softlens Bottle With Bare Hand

Sebenernya yah, gue paliiing males kalo beli softlens dapet kemasan yang model botol begini. Soalnya susah dibuka. Ada aja apesnya, antara kuku gue yang cantik ini patah, atau tangan gue yang mulus ini jadi luka. Kan sakiiiit. Hiks...

Tapi itu dulu! Setelah berobat ke klinik Tong Fang, sekarang gue gak musuhan lagi sama botol softlens seperti ini karena udah tau cara bukanya. Yeeeay! And you know what, gue membuka ini dengan tangan kosong loh, gak pake pinset! Hidup jempol!

Having trouble with these stubborn softlens bottles that won't seem to be openned without hurting yourselves? Let me show you how to open them properly, with your bare hands. No tweezer nor scissor nor anything. Just your hand.




Oke, sebelom kita mulai, gue mo bilang kalo tutorial ini sebenernya lebih afdol kalo dibuat pake video. Tapi berhubung gue kaga tau caranya bikin video, jadi inilah usaha terbaik yang bisa gue berikan. Maap yah. Kalo elo ngerasa dengan foto nggak cukup, silakan buka video tutorial di YouTube, banyak. Tapi makan kuota-nya mana tahan.





Pertama-tama elo harus bisa menemukan sebuah tanda segitiga di bagian tutup alumunium-nya.
Gak keliatan?

Find a triangle mark on one side of the bottle. Right on the alumunium part.





Niiih, keliatan kan? Seharusnya tiap botol softlens memiliki tanda ini.

See it?





Kumpulkan segenap tenaga dalam pada satu titik tubuh yaitu jempol, lalu buka tutup plastiknya seperti gambar di atas, tepat pada bagian di mana terdapat tanda segitiga tadi. Kalo jempolnya sakit, boleh dibantu pake kain. Kalo gue sih pake baju aja.

Using your thumb, push the plastic cap open right in the triangle mark. You can use a piece of cloth to cover your thumb.





Masih menggunakan kekuatan jempol, dorong perlahan-lahan tutup plastik tadi hingga lapisan alumuniumnya robek sedikit demi sedikit. Inget ya, pelan aja, jangan napsu. Kalo sampe alumuniumnya patah, urusan berabe.

Push the plastic cap slowly and tear the alumunium cap. Do it really gently and don't break the alumunium.





Yaaak, dorong teruuus.

Keep pushing.





Sedikit lagiiii...

Just a tippy tappy tippy tappy tip tap more...





Naaah, kalo udah begini, udah hampir berhasil deh. Tinggal tarik aja tutup plastiknya dan seluruh bagian tutup plastik akan terangkat. Hmm, idealnya sih gitu. Tapi seringkali pas di titik ini, alumuniumnya putus. Kalo gitu mah gampang, tinggal lapisi jempol dengan kain lagi lalu tarik sisa tutup alumunium yang tersisa.

If you reach this setp, you can just pull the plastic cap and the whole part of the alumunium cap will be opened. If this fail and you break it in the middle, just pull the rest of the alumunium part using your thumb and a piece of cloth.






See? Kalo sisa tutup alumunium udah bisa terangkat, tinggal tarik aja tutup karetnya, dan urusan dengan si botol softlens ini pun selesai.

This time, you'd only need to push the rubber open.





Taraaa! Botolnya sudah terbuka!

Tadaaaa!





Tinggal ambil deh softlens-nya. Hmmm, pas di bagian ini gue sering nemu kendala: seluruh cairan udah ditumpahin tapi softlensnya keukeuh gak mau keluar dan malah nempel di dasar botol. Ya udah, cairannya ga usah ditumpahin, ambil aja softlensnya pake cotton swab. Tapi inget ya karena cotton swab/buds itu berserat, maka sangat dianjurkan untuk membilas lagi softlensnya dengan cairan pencuci softlens sebelum dipake. Gue pernah maen pake aja, gak dibilas dulu. Ga taunya ada sisa serat kapas nempel di softlens, perih booo.

If you find a hard time taking the softlens out of the bottle, simply use a cotton swab to take it out. Don't forget to rinse it with solution water before using it. Or else, some remaining part of the cotton swab will stick on the softlens and hurt your eye.


***


Baiklah, semoga cukup jelas dan berguna ya, adik-adik.