Sunday, July 12, 2015

Review: LA Girl Matte Flat Finish Pigment Gloss (Stunner & Secret)

Note: This review will be mainly written in Bahasa Indonesia. Some English translation will be noted on some spots.






LA Girl adalah merk kosmetik dari USA dengan range harga yang lumayan terjangkau, rata-rata di bawah USD 10. Kalau di post sebelomnya gue udah review Glazed Lip Paint-nya, sekarang giliran yang lagi ngehits banget nih, LA Girl Matte Flat Finish Pigment Gloss. Kayaknya mereka juga gak mau ketinggalan trend liquid matte lip color deh.


Dua warna yang menjadi pilihan gue adalah Stunner dan Secret.

Kemasannya berwarna bening dengan tutup plastik hitam. Untuk botolnya sendiri gue gak yakin dia terbuat dari kaca atau plastik tebal karena dia lumayan berat. Ukurannya juga lumayan agak lebih gendut dan pendek dari kemasan produk sejenis pada umumnya.

LA Girl Matte Flat Finish Pigment Gloss ini memiliki berat bersih 5 gram. Lumayan murah hati bila dibandingkan produk sejenis yang rata-rata hanya 3 gram, bahkan ada yang hanya 1 gram lebih sedikit.


Color system.


Menurut gue color system di atas gak bisa dijadiin patokan karena banyak yang bilang warna aslinya beda banget, malah bisa dibilang gambar di atas itu agak ngaco. Aslinya ada yang lebih gelap, malah ada yang lebih terang. 



Left: Stunner
Right: Secret

Nggak seperti yang ada di gambar iklan, aplikatornya ternyata kecil dan panjang, bukan bentuk doe-foot. Mirip aplikator Sleek Matte Me. Baunya juga rada gak enak sih, bau cat tembok bo. Kalo yang udah punya LA Splash Lip Smitten atau Lip Couture, pasti tau maksud gue. Baunya mirip banget kayak dua produk itu, tapi untuk LA Girl baunya gak setajam LA Splash. Tapi bau itu lama kelamaan akan hilang.

It has a long and skinny applicator. Also there's some strong chemical aroma coming from the product, like that smell coming from a can of wall paint. But it will fade gradually.


Left: Stunner
Right: Secret

Teksturnya cair, dan gak lengket. Hanya perlu waktu sebentar saja sebelum akhirnya berubah menjadi dead matte. Cuma sayangnya untuk warna Stunner, keliatan banget kalo dia agak susah diratain. Sedangkan tekstur Secret is much better.

The texture is thick liquid and not some creamy one. It takes several minutes to become completely dry. Stunner is a bit streaky compared to Secret which have a more subtle finish.



Berikut swatch-nya di bibir gue dengan dua pencahayaan yang berbeda.



STUNNER


Stunner under dark lighting, with camera flash.

Stunner under extremely bright lighting, without camera flash.


Stunner adalah warna ungu kebiruan. Sekali lagi: ungu kebiruan. Bukan ungu anggur yang membosankan. Kalo kata gue sih ini versi matte-nya dari LA Girl Glazed Lip Paint warna Coy. Asli warnanya kayak sodaraan. Bisa diliat kan kalo warna ini gak segelap seperti pada gambar color system-nya? Aslinya jauh lebih terang dan lebih nyentrik. Sayangnya warna ini agak susah diratain, perlu beberapa kali oles sampe bisa keliatan smooth and opaque di bibir. Dan begitu dihapus akan meninggalkan noda pink di bibir.

Stunner is a pretty birght violet shade, a matte version of LA Girl Glazed Lip Paint in the shade Coy. Unfortunately this one needs several layers to reach an opaque result. This one will leave a heavy pink stain once removed.



SECRET


Secret under dark lighting, with camera flash.

Secret under extremely bright lighting, without camera flash.

Sedikit kecewa karena gue pikir warnanya akan sama dengan LA Splash Inflamed yang merah banget, ternyata ini merahnya agak lebih gelap dan ada hint coklatnya. Gue berasa tuaaaa banget make ini. Mustinya gue pilih shade Frisky aja ya, hiks. Sebenernya warna ini bagus, tapi bukan yang gue cari. Warna ini cukup bold dan karena ada hint coklatnya tadi maka cocok juga buat yang berkulit sawo matang. Oh ya, yang ini teksturnya gampang banget diratain.

Secret is a red shade with a hint of brown, so this will suit medium shade as well.



***


My experience wearing LA Girl Matte Flat Finish Pigment Gloss is not a dissapoining one. They are cheap but not cheesy. Long lasting, highly pigmented, and one of the most comfortable wearing matte lip color I've ever found, aside from Sleek Matte Me. Although I like this a lot, but I don't consider of purchasing other shades since, according many reviews, most nude shades of this product have streaky formula and a bit hard to blend. Only the bold colors work best.

Jadiii gimana kesimpulannya? Formulanya gue suka banget. Dari beberapa matte liquid lip color yang udah gue coba, so far yang paling nyaman ya yang ini, dan Sleek Matte Me tentunya. Meskipun murah LA Girl Matte Flat Finish Pigment Gloss ini gak terasa kayak barang murahan karena selain paling nyaman di bibir juga gak gampang pudar. Mau dipake makan atau minum juga akan stay di bibir. Long lasting lah. Tapi ga tau juga ya karena gue adalah orang yang memiliki bakat khusus menjaga warna lipstik tetap on di bibir walau pake lipstik creamy sekalipun hahahah. Jadi untuk point ini, gue gak bisa bilang dengan pasti. Yang jelas kalo gak dipake makan atau minum, dia akan stay put!

Pigmentasi untuk kedua warna ini juga mantab, gak usah celup berkali-kali juga udah bisa nutup seluruh bagian bibir gue yang ukurannya lumayan jeber. Dan enaknya dia gak terlalu cepat kering, jadi buat yang gak jago-jago banget make lipstik rapi kayak gue, masih user friendly lah.

Sayangnya, walau gue suka dengan tekstur kedua warna ini, gue gak kepikiran untuk beli warna lain. Karena dari review yang gue baca warna-warna muda-nya cenderung susah diratain di bibir, agak streaky jadinya. Untuk warna bold-nya sih gak masalah. Tapiii liat dong, varian boldnya bisa dihitung pake jari, rata-rata nude semua. Sayang banget hiks.

Produk ini dijual dengan harga resmi USD 5, dan bisa didapatkan di Indonesia hanya di online store. Harganya bervariasi ya. Tapi yang ini gue dapet di kutekmurah.net dengan harga IDR 50 ribu aja.

Oh ya, sebelum post ini gue tuntaskan, gue mau kasih sedikit tips buat yang pengen pake liquid lip color dengan matte finish kayak gini:

  • Disarankan banget pake pelembab bibir sebelumnya. Caranya jangan pake pelembab trus langsung ditimpa sama lipstik, ntar ipstiknya gak nempel. Tapi biarkan pelembab bibir meresap dulu selama 5-10 menit, baru dihapus (tepuk-tepuk aja) pake tisu. Baru deh pake lipstik.
  • Semua matte liquid lip color akan meninggalkan rasa 'kurang nyaman' di bibir, bibir pasti akan berasa ketarik seolah-olah ada lem yang mengering di bibir. Hanya level ketidaknyamanannya berbeda-beda pada tiap merk. Jadi kalo elo bukan tipe yang nyaman dengan 'rasa' ini, cari produk lain.
  • Matte liquid lip color memerlukan waktu untuk kering. Lamanya berbeda-beda. Jangan mengatupkan bibir kalo produknya belum kering, hasilnya bakalan ancur dan nempel sana-sini.
  • Terus gimana taunya dia udah kering? Masak musti dipegang? Kamu pernah kan pake masker, dan pasti tau dong rasanya kalo masker udah kering dan siap dibilas?
  • Bersihkan matte liquid lip color menggunakan pembersih make up, jangan dengan air. Basahkan dulu kapas dengan pembersih, tempel di bibir, biarkan beberapa detik, lalu usap. Ulangi proses untuk membersihkan sisanya.
  • Kalo masih ada sisa warna di bibir, bantu membersihkannya dengan scrub. Bisa scrub bibir, scrub wajah, atau gula campur madu. Scrub/peeling wajah malah lebih enak dipake karena scrubnya cenderung lebih soft dibanding scrub bibir. Cuma rasanya sabun banget sih hehehe.
  • Yang ini penting ga penting sih, jangan sampe kurang minum. Memakai matte liquid lip color kalo ditambah dengan kurang minum (apalagi kalo lagi puasa) akan memperparah efek kekeringan di bibir.
Ya udah segitu aja sih, kali-kali ada yang mau nambahin, sini komen. Ntar gue tambahin di post-nya.





Me wearing LA Girl Matte Flat Finish Pigment Gloss in Stunner

Combo between LA Girl Matte Flat Finish Pigment Gloss in Stunner and LA Girl Glazed Lip Paint in Pin Up.