Monday, August 10, 2015

Review: MUA Luxe Velvet in Reckless


Kayaknya blog gue ini lebih enakan disebut diari lipstik ketimbang blog kecantikan, karena isinya kebanyakan lipstik. Lipstik yang mau gue review kali ini adalah MUA Luxe Velvet shade Reckless. Gue pernah review yang warna Kooky dan Tranquility beberapa bulan lalu (baca di sini) dan sempet agak nyesel kenapa gak beli shade Reckless dari dulu karena makin ke sini warna ini makin jarang yang jual. Ditambah lagi kayaknya kepopuleran MUA Luxe Velvet ini semakin menurun digerus oleh beberapa liquid matte lipstick dari merk-merk lain. Well, akhirnya walaupun preloved gue akhirnya bisa juga punya warna ini.

MUA Luxe Velvet ini hanya bisa didapatkan di Indonesia melalui online dengan harga berkisar sekitar IDR 120K.




Kemasan MUA Luxe Velvet ini cukup elegan, keliatan kayak lipstik mahal, padahal dia produk kelas menengah. Botolnya terbuat dari frosted glass dengan tutup hitam bertekstur seperti beludru. Box-nya juga gak kalah elegan bo. Jadi tambah keliatan mahal.








Aplikator klasik: doe-foot.


MUA Luxe Velvet ini memiliki tekstur creamy dan lumayan kental. Dia akan terlihat basah pada awal pengaplikasian dan berakhir dengan hasil yang matte/kering. Ada aroma chemical atau cat tembok yang lumayan menyengat. Duh, heran kenapa beberapa produk sejenis dengan harga murah baunya rata-rata seperti cat tembok. Tapi bau ini lama kelamaan akan hilang begitu lipstiknya mengering di bibir.

The texture is some thick creamy consistency that will look wet when freshly applied and turn to matte after several minutes. It has some strong chemical smell.




Reckless adalah warna classic red, just like I expected dari sebuah lipstik merah. Tidak ada hint orange atau coklat, atau pink, atau whatever, just an absolute red yang akan cocok dengan tone kulit apa saja. Gue bener-bener gak nyesel beli warna ini. Selain LA Splash Inflamed dan Lime Crime Red Velvet, ini adalah warna true red yang bener-bener pedes.

Reckless is a classic red that will suit every skin tone.




Sesuai dengan klaimnya, MUA Luxe Velvet adalah lipstik cair yang akan berubah tekstur menjadi dead matte setelah beberapa menit. Dan seperti yang udah gue mention sebelumnya, produknya itu bertekstur krim kental, bukan cair. Jujur aja, proses mengeringnya makan waktu yang agak lama. Maybe butuh waktu sekitar 15 menit sampe die bener-bener berubah jadi matte. Itu sebab kenapa swatch di bibir gue keliatan basah, soalnya gue gak sabar nunggunya bo. Proses mengeringnya itu adalah sebuah masa yang sangat tidak nyaman, di mana teksturnya berubah dari basah, lalu agak-agak lengket, sampe akhirnya mengering. Asli gak enak banget. Dan kalo dia belom bener-bener kering, gak usah iseng mengatupkan bibir ya. Bakal ancur hasilnya.

Setelah mengering, MUA Luxe Velvet ini akan bener-bener tahan seharian di bibir gue. Kecuali untuk bagian dalam bibir yang akan menggumpal karena basah, jadi keliatan kayak pake lipstik setengah bibir doang dan kalo mau diaplikasi ulang agak ribet. Jadi gue saranin mending hapus semua dari awal, atau pasrah aja sama keadaan.

Oh ya, apakah ini bikin kering? Secara logika sih, pasti lah bikin kering. Namanya juga bibir dibiarin matte seharian. Kalo mau diakalin boleh pake lip balm dulu beberapa menit sebelom pake ini. Dan enaknya, MUA Luxe Velvet ini bukan produk yang susah dibersihin. Gue cukup pake pembersih makeup Sariayu atau Viva aja udah kehapus.

So overall, MUA Luxe Velvet ini bukan one of the best product. Standar lah. Kalo dilihat dari harganya sih emang lumayan terjangkau, tapi untuk tekstur, tingkat kenyamanan, longevity, dan lain-lain, produk ini gak lebih bagus dari produk lain. Apalagi pilihan warnanya yang emang cuma dikit banget (8 warna) dan semuanya adalah warna-warna aman. Dari semua warna itu menurut gue warna bold-nya yang bagus (kooky dan reckless) sedangkan warna nude-nya cenderung terlalu pucat.

According to the claim, this product are wet when freshly applied will turn to matte after several minutes. But to be honest they don't dry completely in just a sec. Yes they would turn to LOOK MATTE in just several minutes, but it took about 15-20 minutes before they dry completely, and for the time being, I get my lips all sticky and  tacky and didn't even dare to pout my lips together, afraid of getting the layers fall apart.


After they dry, they won't budge, so don't make any mistake when applying them. They are also very pigmented. I don't even have to dip twice to get the right result. Although you'll need several layers of application to get the opaque result., and they also easily stuck on your teeth. LOL.

Just like most lip laqcuers, this product will also make you feel that 'drying' feeling on your lips the whole day, as if your lips are sealed with a ducktape or something. I don't really have problems with drying lips whatsoever, since I always scrub my lips and apply lip balm afterwards. Also, I don't use matte lip lacquers on daily basis.

They really last the whole day, even after taking a meal. Very heavy meal. But the bad thing is the inner part will clumps first and reapplying them is a bit of a struggle.