Friday, March 13, 2015

Review: Mustika Ratu Bengkoang Whitening 2 in 1 Face Cleanser

Setelah gonta-ganti skin care dari yang merk asal Korea, Jepang, Thailand, sampe Amrik, akhirnya gue menyadari bahwasanya skin care yang paling cihuy di gue itu berasal dari Indonesia, dan setelah coba beberapa merk, ada satu yang paliiing cocok di gue: Mustika Ratu.
 
Sebenernya gue mau kasi bocoran skin care rutin gue tapi belom nemu ramuan pas-nya. Pas itu maksudnya sesuai sama teori, jadi kalo gue share, gue gak disalahin banget atau dianggap menyesatkan. Heheheh.
 
Ok, maap preambule kepanjangan, jadi gue review aja nih salah satu produk Mustika Ratu yang gue pake sedikit melenceng dari fungsi aslinya.
 

 
Kalo ngomongin kemasan, produk MR itu emang keliatan paling anggun sendiri soalnya tutupnya kayak mahkota penganten. Pokoknya dari jauh walo cuma liat tutupnya, pasti tau deh kalo itu MR. Perasaan kaga ada berubah-berubahnya dari jaman gue kecil.

Produk ini biasanya gue beli dengan harga sekitar IDR 16K untuk 150 ml.
 
 





Seperti yang bisa kalian baca di botolnya, produk ini diklaim sebagai pembersih (clenaser) sekaligus penyegar (toner). Tapi sebenernya gue gak terlalu suka sama cleanser & toner yang disatuin kayak begini, soalnya biasa make secara terpisah.
 
 





Produk ini memiliki dua lapis cairan. Jadi sebelom dipake, make sure kamu kocok dulu botolnya sampe cairannya tercampur rata.
 
 


Cairannya berwarna putih dengan aroma wangi bunga yang lembut. Gue sih gak pusing sama baunya.
 
 
Oke, kita coba buat menghapus swatch lipstik Viva ya:
 



 
Lumayan untuk kosmetik yang kelas ringan aja bisa kehapus. Aku juga pernah pake ini buat menghapus gel liner Silky Girl & Elf, gampang kok hilangnya.
 
 
***
 
Emang produk ini diklaim cuma buat pembersih dan penyegar wajah, bukan pembersih makeup. Tapi gue sih selalu pake ini untuk bersihin makeup dan terbukti ampuh. Gue gak pernah pake ini buat cleanser dan toner karena untuk dua fungsi itu gue lebih seneng makenya secara terpisah, gak disatuin model gini.
 
Ada rasa lengket tiap kali habis pake ini, jadi sesudahnya harus dibilas lagi. Dan untungnya produk ini pas dipake gak ada rasa perih cekit-cekit gitu, pokoknya nyaman banget deh. Kecuali kalo masuk mata ya, perih... terus pernah keminum juga. Rasanya pait bo... blegh...
 
Jadi runutan gue makenya: hapus makeup/kotoran di muka pake cleanser ini & diseka pake kapas, trus gue gosok muka sekali lagi pake milk cleanser & diseka pake air, baru abis itu gue pake face wash, terakhir baru deh pake toner biar gak berasa kering banget. See? gue make cleanser ama toner dipisah.
 
Pembersih ini di gue ya, selain dia ga berasa perih, juga gak bikin muka gue tambah kering atau tambah berminyak. Ya gitu-gitu aja, tetep normal. Dan selama gue make ini, muka gue yang cuma satu-satunya ini juga gak tambah keliatan kusam. Ngga tau deh apa itu efek dari ekstrak bengkoangnya, atau emang efek dari skincare laen yang gue pake. Tapi so far sih gue puas banget pake produk ini. Menurut gue loh ini, skincare kan cocok-cocokan cyiiin.